eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PENANGANAN PEDAGANG KAKI LIMA OLEH DINAS PASAR KOTA SAMARINDA (Studi Kasus PKL Pasar Pagi Kota Samarinda) (Tangkas P. Simamora)

Submitted by: Simamora, Tangkas P.
On: Feb 22, 2014 @ 1:57 AM
IP: 202.67.38.29

  • Judul artikel eJournal: PENANGANAN PEDAGANG KAKI LIMA OLEH DINAS PASAR KOTA SAMARINDA (Studi Kasus PKL Pasar Pagi Kota Samarinda)
  • Pengarang (nama mhs): Tangkas P. Simamora
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): TANGKAS P. SIMAMORA, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Penanganan Pedagang Kaki Lima oleh Dinas Pasar Kota Samarinda (Studi Kasus PKL Pasar Pagi Kota Samarinda), di bawah bimbingan Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si dan Santi Rande, S.Sos., M.Si. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penanganan yang dilakukan Dinas Pasar Kota Samarinda terhadap Pedagang Kaki Lima Pasar Pagi Kota Samarinda dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Fokus penelitian meliputi penanggulangan sampah pasar, operasional ketertiban, keamanan pasar, pemeliharaan pasar, faktor pendukung dan penghambat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan penelitian dokumen. Sumber data diperoleh melalui pengamatan langsung ke lokasi penelitian dan mengadakan wawancara dengan responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa penanganan oleh Dinas Pasar Kota Samarinda sudah cukup optimal. Penanggulangan sampah pasar, Dinas Pasar Kota Samarinda melakukan tiga tahapan yaitu pengumpulan sampah, pengangkutan, pembuangan akhir. Operasional keamanan, ketertiban, Dinas Pasar melakukan penertiban PKL yang berjualan tidak sesuai tempat, menyediaan los/petak bagi para pedagang. Pemeliharaan pasar, pertama pemeliharaan rutin yaitu pembersihan saluran-saluran pembuangan, mengontrol talang dari sumbatan sampah. Kedua pemeliharaan berkala seperti retaknya atap bangunan, perbaikan lantai pasar yang rusak. Ketiga pemeliharaan darurat yaitu kerusakan yang terjadi secara tiba-tiba dan kerusakan yang ditimbulkan sangat parah misalnya akibat kebakaran, gempa bumi. Faktor pendukung penanganan PKL oleh Dinas Pasar yaitu Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 19 Tahun 2001 tentang Pengaturan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima, adanya pengawasan secara terus menerus serta adanya penegakan sanksi. Faktor penghambatnya, minimnya sarana fasilitas operasional serta jumlah personil yang masih kurang dan kurangnya peran aktif masyarakat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pedagang Kaki Lima Pasar Pagi, Dinas Pasar.
  • NIM: 0902015032
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si., Santi Rande, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 2
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Tangkas Final (02-22-14-01-57-28).doc (135 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Tangkas Final (02-22-14-01-57-28).pdf (81 kB)

Print Friendly, PDF & Email