eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

STUDI TENTANG PELAYANAN PEMBERIAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) DI BADAN PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU KABUPATEN BULUNGAN (Muaropah)

Submitted by: ropah, mua
On: Dec 1, 2013 @ 5:20 AM
IP: 103.31.207.25

  • Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG PELAYANAN PEMBERIAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) DI BADAN PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU KABUPATEN BULUNGAN
  • Pengarang (nama mhs): Muaropah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Studi tentang Pelayanan Pemberian Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Badan Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu Kabupaten Bulungan. Pebelitian ini dilakukan dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si selaku pembimbing I dan Drs. Heryono Susilo Utomo, M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan pemberian SIUP di Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Bulungan apakah telah sesuai dengan standar yang telah ditentukan dengan faktor-faktor pendukung dan penghambat pelayanan pemberian SIUP. Dengan fokus penelitian yaitu kualitas pelayanan dengan indikator ukuran kepuasan konsumen yaitu : kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), berwujud (tangibles) dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah analisis data model interaktif. Sedangkan metode penelitian lebih menekankan pada metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa pelayanan yang diberikan oleh Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Bulungan telah berjalan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan, pelaksanaan pelayanan pegawai BPMPT Kabupaten Bulungan dalam pemberian SIUP sudah secara cepat dan tepat, kemampuan memberikan pelayanan yang baik dengan kesopanan dan keramahan ketika melayani dan penampilan yang menarik serta fasilitas yang mendukung pelaksanaan pelayanan administrasi dalam pembuatan SIUP di BPMPT Kabupaten Bulungan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pelayanan ialah adanya kerjasama yang baik dari Pegawai BPMPT, kemudian kondisi ruangan yang bersih dan nyaman. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam pelayanan pemberian SIUP di BPMPT adalah persyaratan tidak/kurang lengkap.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, BPMPT, Bulungan
  • NIM: 0902015076
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si dan Drs. Heryono Susilo Utomo, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 1
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejournal_ganjil (12-01-13-05-20-20).doc (122 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ejournal_ganjil (12-01-13-05-20-20).pdf (400 kB)

Print Friendly, PDF & Email