eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

studi tentang kualitas pelayanan pembuatan surat ijin perjalanan republik indonesia di kantor imigrasi klas I kota samarinda (novia farastica)

Submitted by: farastica, novia
On: Nov 15, 2013 @ 4:24 AM
IP: 192.168.1.8

  • Judul artikel eJournal: studi tentang kualitas pelayanan pembuatan surat ijin perjalanan republik indonesia di kantor imigrasi klas I kota samarinda
  • Pengarang (nama mhs): novia farastica
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Novia Farastica, Studi Tentang Kualitas Pelayanan Pembuatan SPRI di Kantor Imigrasi Klas I kota Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Muhamad Guntar Riadi, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Ida Wahyuni M.Si selaku dosen pembimbing II.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Kualitas pelayanan pembuatan surat perjalanan republik Indonesia (SPRI) dikantor imigrasi klas I kota Samarinda.
    Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penelitian yang dilakukan terhadap variabel mandiri tanpa melakukan perbandingan atau menghubungkan dengan variable lainnya dengan fokus kualitas pelayanan SPRI dan faktor yang menghambat pembuatan SPRI. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling kemudian teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan serta penelitian lapangan, dengan cara melakukan wawancara secara mendalam dan penelitian dokumen. Hasil penelitian diketahui bahwa kualitas pelayanan pembuatan SPRI pada Kantor Imigrasi Klas I Kota Samarinda ada yang sesuai indicator pelayanan menurut bery (2010:135) yaitu mengenai kesigapan dan ketegasan pata petugas dalam melayani, serta disiplin dalam hal penyelesaian SPRI yang sesuai dengan SOP yang berlaku di kantor Imigrasi klas I kota samarinda, serta ada yang tidak sesuai yaitu mengenai SDM yang mereka miliki.
    Kesimpulannya adalah bahwa kualitas pelayanan pembuatan SPRI pada kantor Imigrasi Klas I kota Samarinda ini sudah berjalan sesuai dengan semestinya hanya saja mereka perlu melatih lagi para petugas yang bekerja disana mengenai pengoperasional computer serta melengkapi fasilitas-fasilitas yang belum tersedia dan saran saya adalah sebaiknya pihak imigrasi memberikan pelatihan khusus kepada para staff mereka untuk mengoperasionalkan komputerisasi dan sistem media online yang berlaku nantinya.

  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, Kantor Imigrasi Klas I Kota Samarinda
  • NIM: 0902015053
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: I Bapak H. Muhamad Guntar Riadi M,Si. Dra. Hj. Ida Wahyuni M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 1
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal Novia (11-15-13-04-24-53).doc (131 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal_Novia (11-15-13-04-24-53).pdf (222 kB)

Print Friendly, PDF & Email