eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Studi Tentang Pelayanan Pemasangan Baru Air Bersih Kepada Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kelurahan Jawa Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara (Hery Sularso)

Submitted by: Sularso, Hery
On: Nov 12, 2013 @ 1:18 PM
IP: 120.172.23.249

  • Judul artikel eJournal: Studi Tentang Pelayanan Pemasangan Baru Air Bersih Kepada Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kelurahan Jawa Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Pengarang (nama mhs): Hery Sularso
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Abstrak
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Pelayanan Pemasangan Baru Air Bersih Kepada Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat Pelayanan Air Bersih Kepada Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam di Kelurahan Jawa Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan Fokus pelayanan publik dalam memberikan pelayanan Pemasangan Baru di PDAM Tirta Mahakam di Kelurahan Jawa Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara meliputi (1) Prosedur Pelayanan; (2) Waktu Penyelesaian; (3) Biaya Pelayanan; (4) Produk Pelayanan; (5) Sarana dan Prasarana; (6) Kompetensi Petugas Pemberi Pelayanan dan Faktor pendukung dan penghambat Pelayanan Air Bersih Kepada Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam di Kelurahan Jawa Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan Key Informan adalah Kepala Cabang dan Informan Kepala Distribusi, dan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam di Kelurahan Jawa Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara
    Kesimpulan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelayanan pemasangan baru air bersih kepada pelanggan yang telah diberikan pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam telah dilaksanakan dengan aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan, yaitu berdasarkan pembahasan yang dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa pelayanan pemasangan baru air bersih kepada pelanggan yang diberikan pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam telah dilaksanakan cukup baik, khususnya dalam pengurusan pemasangan baru baik itu mengenai Prosedur Pelayanan, Waktu Penyelesaian, Biaya Pelayanan, Produk Pelayanan, Sarana Dan Prasarana serta Kompetensi Petugas Pemberi Pelayanan. Namun saat ini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam sedang menghadapi beberapa persoalan antara lain lokasi yang sulit di jangkau, kelebihan kapasitas dari calon pelanggan, sering berubahnya bahan baku air, pipa saluran yang bocor, dan sering terjadi pemadaman listrik.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan
  • NIM: 0902015108
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. H. Adam Idris, M. Si dan Santi Rande, S. Sos, M. Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 1
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Hery Sularso jurnal genap (11-12-13-01-18-47).doc (114 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Hery Sularso jurnal genap (11-12-13-01-18-47).pdf (266 kB)