eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN HANDIL BAKTI KECAMATAN PALARAN KOTA SAMARINDA (Sitti Rusnani)

Submitted by: Rusnani, Siti
On: May 23, 2013 @ 9:45 AM
IP: 125.160.72.225

  • Judul artikel eJournal: PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN HANDIL BAKTI KECAMATAN PALARAN KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Sitti Rusnani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Pelayanan yang baik adalah pelayanan yang mampu memberikan kepuasan pada pelanggannya. Demikian juga halnya dengan pelayanan administratif, dimana pelayanan yang baik adalah pelayanan yang mampu memberikan kepuasan pada masyarakat. Pelayanan yang baik akan menimbulkan persepsi/tanggapan yang baik pula dari msyarakat dan sebaliknya jika pelayanan yang diberikan buruk akan menimbulkan persepsi/tanggapan yang buruk pula dari masyarakat mengenai pelayanan yang diberikan, hal ini berdampak menimbulkan citra buruk pada si pemberi pelayanan.. Pelayanan yang baik adalah dambaan semua pihak, tidak hanya oleh orang per orang tetapi juga oleh seluruh kelompok masyarakat, khususnya pada masyarakat Kelurahan Handil Bakti. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana persepsi masyarakat tentang pelayanan yang diberikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, Penelitian deskriptif hanyalah memaparkan situasi atau peristiwa. Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi, sampel yang digunakan yaitu dari masyarakat Kelurahan Handil, data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari telaah pustaka, baik melalui buku-buku, jurnal dan dokumen-dokumen yang ada pada Kantor Kelurahan. Adapun teknis analisis dengan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat kelurahan handil bakti mengenai pelayanan yang diberikan sudah cukup baik, walaupun ada beberapa masyarakat yang mempunyai tanggapan berbeda.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Publik
  • NIM: 0902015243
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si dan Dra. Hj. Ida Wahyuni, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 1
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Journal Nani (05-23-13-09-45-07).pdf (206 kB)

Print Friendly, PDF & Email