eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Analisis Kualitas Pelayanan Program Jaminan Hari Tua Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kota Samarinda (Marselinus Julio)

Submitted by: ,
On: Mar 6, 2024 @ 12:53 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Analisis Kualitas Pelayanan Program Jaminan Hari Tua Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Marselinus Julio
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan daripada penelitian adalah untuk mengetahui bagaiman kualitas pelayanan program jaminan hari tua di BPJS Ketenagakerjaan dan apa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pelayanan Program Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, fokus penelitian tentang kualitas pelayanan berdasarkan indikator bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pelayanan. Kemudian key informan pada penelitian ini ialah Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Samarinda. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan program jaminan hari tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Samarinda sudah cukup baik dari segi bukti fisik dan empati setiap pegawai terhadap masyarakat, ketanggapan dan juga jaminan yang diberikan kepada masyarakat juga sudah cukup baik. Faktor pendukung dari adanya kerjasama antar pegawai atau rekan kerja yang baik dan didukung dengan beberapa fasilitas yang memadai, namun masih terdapat penghambat yaitu dari segi kehandalan dan kurangnya pegawai customer service yang melayani masyarakat dan maintainance website LAPAK ASIK atau Aplikasi JMO yang waktunya tidak bisa ditentukan. Keterbatasan dalam penelititan ini meliputi subjektifitas pada peneliti sehingga sangat tergantung pada interprestasi tentang makna yang terdapat dalam wawancara sehingga kecenderungan untuk bias masih ada. Untuk mengurangi bias dilakukan suatu proses triangulasi sumber dengan cara membandingkan data dengan fakta dari informan yang berbeda dan dari hasil penelitian lainnya dan dengan cara pengumpulan data melalui wawancara dan observasi.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, Jaminan Sosial, Jaminan Hari Tua
  • NIM: 1602015023
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Saipul, M.Si.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 12
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 175. Hlmn Persetujuan Jurnal Marselinus Julio 2016_signed (03-06-24-12-53-22).pdf (537 kB)