Penerapan SOP Pada Pelayanan Masyarakat di Kantor Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kota Samarinda (Meidy Ardelia Kurniasari)
Submitted by: ,
On: Dec 20, 2023 @ 9:12 AM
IP: 103.187.88.26
- Judul artikel eJournal: Penerapan SOP Pada Pelayanan Masyarakat di Kantor Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kota Samarinda
- Pengarang (nama mhs): Meidy Ardelia Kurniasari
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Maksud dari penelitian ini untuk mengetahui serta mendeskripsikan SOP pada pelayanan masyarakat di kantor Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kota Samarinda, serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat dalam penerapan SOP pada pelayanan di kantor Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskripstif kualitatif. Penelitian ini mempunyai uraian fokus yaitu, Prosedur Pelayanan, Waktu Penyelesaian Pelayanan, Sarana dan Prasarana serta Kompetensi Petugas Pemberi Pelayanan. Dalam penelitian ini, yang menjadi Key Informan ialah Sekretaris Lurah dan Informan ialah Kepala Seksi dan staf Kesejahteraan Masyarakat. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data yang diperoleh menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Berdasarakan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan SOP pada Pelayanan di Kantor Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kota Samarinda dilakukan cukup baik, terbukti dari sederhananya prosedur pelayanan yang diberikan dan ketepatan waktu penyelesaian. Kemudian yang menjadi faktor penghambat pelayanan di kantor Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kota Samarinda berjalan kurang maksimal karena belum ada pegawai yang bergerak dibidang IT, kurangnya tingkat profesionalisme pegawai dan keterbatasan sarana dan prasarana. Mengenai usulan perbaikan yang tepat untuk dapat memaksimalkan pelayanan di Kelurahan Sungai Pinang Dalam agar sesuai pedoman SOP, yaitu disarankan memaksimalkan SDM terkhusus dibidang IT, meningkatkan kualitas SDM dalam memberikan pelayanan berupa sosialisasi atau pelatihan serta merealisasikan sarana dan prasarana dengan dua tahapan, distribusi dan pemeliharaan.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Standard Operational Procedure, Pelayanan Masyarakat
- NIM: 1602015074
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
- Program Studi: Administrasi Publik
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Enos Paselle, M.AP
- Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
- Volume: 11
- Nomor: 4
- Tahun: 2023
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Meidy Ardelia Kurniasari (12-20-23-09-12-45).doc (131 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 159. Hlmn Persetujuan Jurnal Meidy Aerdelia 2016_signed (12-20-23-09-12-45).pdf (545 kB)