eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Analisis Transformasi Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur pada Masa Pandemi Covid-19 (Satiyah)

Submitted by: ,
On: Oct 19, 2023 @ 1:14 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Analisis Transformasi Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur pada Masa Pandemi Covid-19
  • Pengarang (nama mhs): Satiyah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transformasi pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur pada masa pandemi covid-19 dan mendeskripsikan faktor pendukung serta faktor penghambat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis menurut Jhon W Creswell. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses transformasi pelayanan publik pada Disdukcapil Kabupaten Kutai Timur pada masa pandemi covid-19 melalui beberapa tahapan. Tahap pertama yaitu tahap persiapan. Tahap persiapan sudah berjalan dengan baik karena website yang ada tersebut mudah diakses dan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tahap kedua yaitu tahap interaksi. Pada tahap interaksi ini sudah sesuai dengan semestinya karena instansi telah menyediakan fasilitas interaksi dengan masyarakat dengan menggunakan media sosial. Tahap ketiga yaitu tahap transaksi. Pada tahap ini sudah berjalan dengan baik karena tersedia aplikasi SIAP KAWAL yang digunakan dalam pelayanan secara online namun apabila jaringan lemah membuat pelaksanaannya terhambat dan menjadi kurang optimal. Tahap keempat yaitu tahap tranformasi. Pada tahap ini sudah sesuai karena telah menjalin kerjasama dengan instansi lain yaitu Pengadilan Agama Kabupaten Kutai Timur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah transformasi pelayanan publik pada Disdukcapil Kabupaten Kutai Timur sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan namun karena kondisi jaringan yang lemah dan penyampaian informasi yang kurang jelas menyebabkan proses transformasi tersebut tidak optimal.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Transformasi Pelayanan, Pelayanan Publik, Pandemi Covid-19
  • NIM: 1902016029
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2019
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Thalita Rifda Khaerani, S.A.P., M.Si.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 11
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Satiyah (10-19-23-01-14-38).doc (135 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 143. Hlmn Persetujuan Jurnal Satiyah 2019_signed (10-19-23-01-14-38).pdf (537 kB)