Kualitas Pelayanan Pengurusan Pajak Bumi dan Bangunan Melalui Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak Di Badan Pendapatan Daerah Kota Samarinda (Nurul Fitri Ramadhani)
Submitted by: ,
On: Aug 24, 2023 @ 3:03 AM
IP: 103.187.88.26
- Judul artikel eJournal: Kualitas Pelayanan Pengurusan Pajak Bumi dan Bangunan Melalui Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak Di Badan Pendapatan Daerah Kota Samarinda
- Pengarang (nama mhs): Nurul Fitri Ramadhani
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian yang dilakukan penulis yaitu untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan pengurusan PBB melalui SISMIOP di Bapenda Kota Samarinda serta mendeskripsikan faktor penghambatnya. Jenis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berfokus untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan pengurusan PBB melalui SISMIOP di Bapenda Kota Samarinda yang dapat dinilai melalui dimensi kualitas pelayanan publik serta faktor penghambat dalam kualitas pelayanan pengurusan PBB melalui SISMIOP di Bapenda Kota Samarinda. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang disempurnakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menjelaskan jika kualitas pelayanan pengurusan PBB melalui SISMIOP di Bapenda Kota Samarinda secara umum sudah baik berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan, seperti dimensi bukti fisik yaitu pelayanan yang diberikan memberikan kemudahan karena telah tertera persyaratan dan formulir pendaftaran PBB. Selanjutnya dimensi kehandalan yaitu Bapenda Kota Samarinda telah mempunyai standar pelayanan yang jelas. Dimensi ketanggapan yaitu kehati-hatian dalam pelayanan yang diberikan. Kemudian dimensi jaminan yaitu terdapat SPPTD yang bersifat legal tertanda kepala Bapenda Kota Samarinda serta ditandai dengan stempel maupun maklumat pelayanan, dan dimensi empati dimana melakukan pelayanan dengan sikap ramah terhadap wajib pajak, menghargai wajib pajak, serta tidak diskriminatif terhadap wajib pajak. Adapun yang menjadi faktor penghambat adalah kurangnya sumber daya manusia sehingga pelayanan yang dilakukan menjadi kurang maksimal, adanya gangguan server pada SISMIOP, fitur ataupun menu yang terbatas pada SISMIOP, kemudian adanya wajib pajak yang belum memahami cara menentukan titik koordinat objek pajak serta kurangnya data wajib pajak dalam melengkapi berkas persyaratan pengurusan PBB.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, PBB, SISMIOP
- NIM: 1802015029
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
- Program Studi: Administrasi Publik
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Thalita Rifda Khaerani, S.A.P., M.Si
- Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
- Volume: 11
- Nomor: 3
- Tahun: 2023
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Nurul Fitri Ramadhani (08-24-23-03-03-49).doc (170 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 118. Hlmn Persetujuan Jurnal Nurul Fitri Ramadhani 2018_signed (08-24-23-03-03-49).pdf (543 kB)