eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Kepuasan Masyarakat Kelurahan Samboja Kuala Pada Kualitas Air Perumda Tirta Mahakam Cabang Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara (Andi Nisfu Salsabila)

Submitted by: ,
On: May 10, 2023 @ 7:34 AM
IP: 103.187.88.25

  • Judul artikel eJournal: Kepuasan Masyarakat Kelurahan Samboja Kuala Pada Kualitas Air Perumda Tirta Mahakam Cabang Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Pengarang (nama mhs): Andi Nisfu Salsabila
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat Kelurahan Samboja Kuala pada kualitas air Perumda Tirta Mahakam Cabang Samboja. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yaitu penelitian untuk memecahkan masalah berdasarkan pada data yang ada. Populasi yang diteliti adalah seluruh masyarakat Kelurahan Samboja Kuala pelanggan Perumda Tirta Mahakam Cabang Samboja dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simpel random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengukur hubungan antara kinerja dengan tingkat kepentingan masyarakat Kelurahan Samboja Kuala. Hasil dari penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Samboja Kuala belum merasa puas pada kualitas air Perumda Tirta Mahakam Cabang Samboja karena masih terdapat GAP antara kinerja dengan tingkat kepentingan masyarakat. Tingkat kepentingan masyarakat yang tinggi dan menjadi prioritas utama adalah pemadaman air yang menghambat aktivitas masyarakat karena terjadi dalam jangka waktu yang lama, harga yang tidak sesuai dengan pemakaian dan kualitas air, air yang didistribusikan tidak dapat digunakan untuk memasak dan dikonsumsi, terasa lengket dan kesat, serta air masih terdapat obat air. Saran yang diberikan adalah membuat sosial media khusus untuk Perumda Tirta Mahakam Cabang Samboja agar masyarakat lebih mudah dan cepat mencari informasi terbaru dari Perumda Tirta Mahakam Cabang Samboja, misalnya himbauan akan melakukan pemeliharaan jaringan pipa dan infrastruktur sehingga air tidak mengalir dalam waktu yang tidak ditentukan maka masyarakat dapat mempersiapkan diri menampung air untuk kebutuhan selama proses pemeliharaan infrastruktur dan berbagai informasi lainnya,mengganti alat kontrol meter air yang akurat seperti alat ATD smart meter, keadaan air bersih dari kaporit atau menambahkan alat water treatment.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): kepuasan masyarakat, kualitas air
  • NIM: 1902016024
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2019
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 11
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Andi Nisfu Salsabila (05-10-23-07-34-48).doc (398 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 95. Hlmn Pengesahan Jurnal Andi Nisfu Salsabila 2019_signed (05-10-23-07-34-48).pdf (676 kB)

Print Friendly, PDF & Email