eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Masyarakat Di RSUD. Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. (Wahyu Fadli Affandi)

Submitted by: ,
On: May 2, 2023 @ 5:58 AM
IP: 103.187.88.25

  • Judul artikel eJournal: Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Masyarakat Di RSUD. Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.
  • Pengarang (nama mhs): Wahyu Fadli Affandi
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh antara kualitas pelayanan kesehatan dan fasilitas rumah sakit terhadap kepuasan masyarakat di RSUD. Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu masyarakat kabupaten bulungan yang telah selesai berobat di RSUD. Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang diolah dengan program IBM SPSS Statistics 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil pegolahan data atau hasil uji hipotesis parsial (uji t) pada penelitian ini, didapatkan hasil bahwa secara parsial kualitas pelayanan kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4,095 > 1,985, dan juga didapatkan hasil bahwa secara parsial fasilitas rumah sakit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 8,458 > 1,985. Berdasarkan hasil pegolahan data atau hasil uji hipotesis simultan (uji f) pada penelitian ini, didapatkan hasil bahwa secara simultan kualitas pelayanan kesehatan dan fasilitas rumah sakit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan dan nilai F hitung sebesar 125,198 > 3,09. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan dan fasilitas rumah sakit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat di RSUD. Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan Kesehatan; Fasilitas Rumah Sakit; Kepuasan Masyarakat
  • NIM: 1902016040
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2019
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Thalita Rifda Khaerani, M.Si.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 11
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Wahyu Fadli Affanndi (05-02-23-05-58-30).doc (221 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 85. Hlmn Persetujuan Jurnal Wahyu Fadli Affandi 2019_signed (05-02-23-05-58-30).pdf (613 kB)