eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Efektivitas Layanan Online Menggunakan Aplikasi Whatsapp dalam Pembuatan E-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan (Rustang)

Submitted by: ,
On: Feb 2, 2023 @ 9:42 AM
IP: 103.187.88.25

  • Judul artikel eJournal: Efektivitas Layanan Online Menggunakan Aplikasi Whatsapp dalam Pembuatan E-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan
  • Pengarang (nama mhs): Rustang
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian dimaksudkan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Efektivitas Layanan Online Menggunakan Aplikasi Whatsapp Dalam Pembuatan E-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan dan Faktor penghambat Efektivitas Layanan Online Menggunakan Aplikasi Whatsapp Dalam Pembuatan E-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian yaitu prosedur pelayanan, sarana dan prasarana, kemudahan akses, nilai guna, kepastian waktu dan faktor penghambat dalam pelaksanaan program Efektivitas Layanan Online Menggunakan Aplikasi Whatsapp Dalam Pembuatan E-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan. Dalam penelitian ini yang menjadi key informan adalah Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Kepala Seksi Pelayanan Pendaftaran Penduduk serta operator pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil Kabupaten Nunukan. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen-dokumen. Analisis data yang digunakan ialah analisis model interaktif. Temuan didalam penelitian ini adalah gambaran bahwa Efektivitas Layanan Online Menggunakan Aplikasi Whatsapp Dalam Pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan dapat dikatakan Efektif. Namun dalam pelaksanaannya tidak dapat dipungkiri adanya hambatan yang terjadi baik dari dinasnya sendiri maupun masyarakat. Faktor internal yang terjadi yang menjadi hambatan yaitu pada masalah jaringan, apabila jaringan mengalami gangguan maka pelayanan menjadi terhambat. Faktor eksternal yang menjadi hambatan yaitu pada masyarakat, hal ini dikarenakan adanya masyarakat yang belum mengetahui sistem layanan secara online. Pelayanan tidak hanya dilakukan secara ofline sekarang pelayanan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi whatsapp yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil Kabupaten Nunukan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan E-KTP, Layanan Online, Aplikasi Whatsapp
  • NIM: 1702015041
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle,M.AP
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 11
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Rustang (02-02-23-09-42-17).doc (174 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Rustang (02-02-23-09-42-17).pdf (543 kB)

Print Friendly, PDF & Email