eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar 014 Desa Kedang Murung Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. (Esyca Sonti Nainggolan)

Submitted by: ,
On: Nov 9, 2022 @ 9:13 PM
IP: 139.255.15.182

  • Judul artikel eJournal: Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar 014 Desa Kedang Murung Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara.
  • Pengarang (nama mhs): Esyca Sonti Nainggolan
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 014 Desa Kedang Murung Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara, serta faktor yang menghambat dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 014 Desa Kedang Murung Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi serta faktor-faktor penghambat dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 014 Desa Kedang Murung Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. Dalam penelitian ini key informan adalah Kepala Sekolah SDN 014 dan sebagai informan adalah guru dan siswa-siswi di SDN 014 Desa Kedang Murung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tinjauan pustaka (library research), wawancara, observasi, dandokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 014 Desa Kedang Murung Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara masih adanya permasalahan yang dihadapi yaitu dalam hal kegiatan sosialisasi atau pemberian informasi mengenai indikator-indikator implementasi kurikulum 2013 sehingga masih ada keluhan dari para guru-guru dalam menjalankan tugasmya. Kemudian mengenai sumber daya juga masih belum sesuai dengan prosedur yang ada, dimana untuk jumlah pegawai memang sudah cukup memadai namun untuk kualifikasi dari pegawai masih dinilai kurang. Meskipun latar belakang pendidikan para pelaksana sudah sesuai dengan jurusannya, namun masih banyak guru-guru yang mengalami kesulitan dalam melakukan format penilaian ataupun pengisian rapor peserta didik hal ini dikarenakan lemahnya pengetahuan guru dalam mengoperasikan alat teknologi sehingga perlu ditingkatkan penggarapan dan pelatihan mengenai program kurikulum 2013 agar bisa berjalan dengan semestinya dan tercapai tujuan yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Implementasi, Kurikulum 2013, Kebijakan Publik.
  • NIM: 1502015024
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si & Dr. Santi Rande, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 10
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Esyca Sonti Nainggolan 1502015024 (11-09-22-09-13-43).docx (818 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Esyca Sonti Nainggolan 1502015024 (11-09-22-09-13-43).pdf (273 kB)