eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi Administrasi Publik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Olvi Chelsea Agreyusviouz Tumanan)

Submitted by: ,
On: Aug 25, 2022 @ 9:13 PM
IP: 182.3.135.236

  • Judul artikel eJournal: Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi Administrasi Publik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman
  • Pengarang (nama mhs): Olvi Chelsea Agreyusviouz Tumanan
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Evektifitas Sistem Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi Administrasi Publik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Selain itu, juga untuk mengidentifikasi faktor penghambat dari Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi Administrasi Publik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian yang meliputi indikator Efektivitas Pembelajaran yaitu kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, intensif dan waktu serta faktor penghambat dari Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi Administrasi Publik. Dengan key Informan adalah Koordinator Program Studi Administrasi Publik. Informan lainnya adalah mahasiswa Administrasi Publik 2017 dan Dosen Administrasi Publik yang mengajar secara daring. Sementara untuk proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil yang ditemui dalam penelitian yakni Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring pada Mahasiswa 2017 Program Studi Administrasi Publik terdiri dari indikator efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring membuat mahasiswa lebih mandiri tetapi kurang termotivasi. Pembelajaran ini menjadi salah satu keberhasilan dalam menciptakan perilaku social distancing untuk meminimalisir keramaian yang berpotensi menyebarkan covid-19 di kawasan kampus. Tapi pelaksanaannya kurang efektif lantaran berbagai kendala. Mulai dari jaringan yang kurang stabil, kuota internet, mahasiswa yang kurang fokus pada saat pembelajaran berlangsung dan indisipliner mahasiswa.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pembelajaran daring, Mahasiswa, Covid-19
  • NIM: 1502015072
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Santi Rande, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 9
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJurnal Olvi Chelsea 1502015072 (08-25-22-09-13-53).docx (620 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJurnal Olvi Chelsea 1502015072 (08-25-22-09-13-53).pdf (385 kB)

Print Friendly, PDF & Email