eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Puskesmas Sidomulyo, Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda) (Alvin Prawito Sanjaya)

Submitted by: ,
On: Aug 23, 2022 @ 9:57 PM
IP: 103.31.207.25

  • Judul artikel eJournal: Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Puskesmas Sidomulyo, Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda)
  • Pengarang (nama mhs): Alvin Prawito Sanjaya
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kapasitas sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda, faktor yang menghambat, dan faktor pendukung. Jenis penelitian yang dilakukan ini deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian dari indikator yang diteliti dari: isi pelatihan, metode pelatihan, sikap dan keterampilan instruktur, lama waktu pelatihan, fasilitas pelatihan, faktor penghambat, dan faktor pendukung. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif seperti yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengembangan kapasitas SDM dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Puskesmas Sidomulyo di identifikasi dari isi pelatihan tidak ditentukan oleh Kepala Puskesmas, walaupun sudah ada disusun tetapi belum dilaksanakan karena keterbatasan anggaran dan masa Pandemi Covid 19. Metode pelatihan tidak ada melibatkan Kepala Puskesmas dalam membuat perumusan pelatihan. Sikap dan keterampilan instruktur memahami cara mengajarkan isi dan materi program dalam pelatihan, yang menjadi instruktur pelatihan yang memahami kurikulum pelatihan, dan menguasai materi. Lama waktu pelatihan berdasarkan jenis pelatihan yang di ikuti oleh SDM puskesmas. Waktu pelatihan biasanya seminggu, 2 sampai 6 bulan. Fasilitas yang disediakan seperti penyediaan bahan isi atau materi pelatihan, tempat pelaksanaan seperti asrama, kelas, aula untuk umum, kelengkapan bahan pelatihan, dipersiapkan untuk menunjang kegiatan proses belajar, alat tulis, dan fasilitas pendukung lainnya untuk kebutuhan peserta dan fasilitator.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pengembangan, Kapasitas, Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan Publik
  • NIM: 1402015175
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Bambang Irawan, M.Si & Thalita Rifda Khaerani, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 9
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJurnal Alvin Prawito 1402015175 (08-23-22-09-57-40).docx (871 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJurnal Alvin Prawito 1402015175 (08-23-22-09-57-40).pdf (363 kB)