eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN JAWA KOTA SAMARINDA (MUHAMMAD SYAHRIANNUR)

Submitted by: ,
On: Aug 31, 2020 @ 5:08 AM
IP: 125.160.65.215

  • Judul artikel eJournal: PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN JAWA KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): MUHAMMAD SYAHRIANNUR
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pelaksanaan Good Governance dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kelurahan Jawa Kota Samarinda disertai dengan faktor penghambat. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini berdasarkan pada sub fokus yang telah ditentukan yaitu Transparansi, Daya Tanggap, Efektifitas dan Efisiensi, Akuntabilitas serta Faktor penghambat pelaksanaan Good Governance. Key informan pada penelitian ini yaitu Lurah/Sekretaris Lurah dan informan peneliti yakni pegawai Kelurahan Jawa Kota Samarinda dan masyarakat Kelurahan Jawa Kota Samarinda melalui metode purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa beberapa prinsip Good Governance yaitu Transparansi, Daya Tanggap, Efektifitas dan Efisiensi telah diterapakan dengan cukup baik. Dalam hal Transparansi, pihak masyarakat merasa sudah transparan dalam memberikan informasi untuk memperoleh pelayanan administratif yang tersedia dalam bentuk lisan maupun tulisan. Demikian juga dengan Daya Tanggap, dikatakan cukup baik karena kepedulian dalam menanggapi keinginan maupun keluhan dari masyarakat, pihak Kelurahan Jawa melakukan Survei Kepuasan Masyarakat secara rutin. Sedangkan dalam Efektivitas dan efisiensi memang sudah diterapkan dengan baik. Namun, proses pada pelayanan masih belum terlalu efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana di Kelurahan Jawa masih belum tercukupi. Pada prinsip Akuntabilitas, bentuk pertanggungjawaban yang diberikan masing-masing pihak berbeda satu dengan yang lainnya. Pegawai Kelurahan Jawa sudah cukup bertanggung jawab terkait pelayanan yang ada di Kelurahan dengan memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang pelayanan-pelayanan yang tersedia. Sanksi akan pasti diberlakukan sesuai dengan peraturan jika memang membuat kesalahan. Namun, masyarakat masih berharap ada hal yang harus diperbaiki lagi agar setiap pihak Kelurahan Jawa meningkatkan kedisiplinan para pegawainya. Beberapa hambatan dalam penerapan prinsip Good Governance di Kelurahan Jawa Kota Samarinda ialah masalah jaringan internet yang mengalami gangguan, peralatan elektronik seperti komputer dan printer yang mengalami kerusakan, kehabisan bahan dasar seperti kertas hvs serta blank, terjadinya pemadaman listrik, kesalahan pengetikan saat input data serta masyarakat yang lupa membawa kelengkapan berkasnya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Good Governance, Pelayanan Publik, Kelurahan Jawa Kota Samarinda
  • NIM: 1302015165
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dini Zulfiani, S.sos., M.Si dan Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.S
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
  • Volume: 8
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJOURNAL B (08-31-20-05-08-44).docx (43 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJOURNAL B (08-31-20-05-08-44).pdf (138 kB)

Print Friendly, PDF & Email