eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PELAYANAN PRIMA PADA DINAS PERPUSTAKAAN KOTA SAMARINDA (Tri Wahyuningsih)

Submitted by: ,
On: Feb 20, 2020 @ 4:42 AM
IP: 125.160.66.16

  • Judul artikel eJournal: PELAYANAN PRIMA PADA DINAS PERPUSTAKAAN KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Tri Wahyuningsih
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pelayanan Prima Pada Dinas Perpustakaan Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam skripsi ini berdasarkan pada Standar Keputusan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 yaitu Prosedur Pelayanan, Waktu Penyelesaian, Biaya Pelayanan, Sarana dan Prasarana, dan Kompetensi Petugas Pemberi Layanan. Pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah Model Interaktif terbaru yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari Pengumpulan Data, Kondensasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan diperoleh bahwa pelaksanaan pelayanan prima pada Dinas perpustakaan Kota Samarinda dilihat berdasarkan Standar Pelayanan menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan aparatur negara yang dijabarkan sebagai berikut: (1) prosedur pelayanan, prosedur pelayanan sederhana dan mudah dipahami oleh masyarakat; (2) waktu penyelesaian, waktu penyelesaian sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan; (3) biaya pelayanan, semua biaya penyelesaian pelayanan di Dinas Perpustakaan Kota Samarinda gratis; (4) sarana dan prasarana, sarana dan prasarana penunjang masih belum lengkap, sehingga masyarakat masih kurang nyaman dalam proses pelayanan; (5) kompetensi petugas pemberi pelayanan, petugas sudah melayani masyarakat dengan ramah dan adil, serta bekerja dengan disiplin dan tanggung jawab, tetapi di Dinas Perpustakaan Kota Samarinda masih kekurangan Sumber Daya Manusia hal tersebut dilihat dari masih banyaknya petugas yang merangkap pekerjaaan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Prima, Dinas Perpustakaan Kota Samarinda
  • NIM: 1202015193
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Syahrani, M.Si dan Dr. Enos Paselle, M.AP
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
  • Volume: 8
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJOURNAL B (02-20-20-04-42-22).docx (38 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJOURNAL B (02-20-20-04-42-22).pdf (126 kB)