eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PEMBUATAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN MUARA MUNTAI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Rizqi Amalia Agustina)

Submitted by: ,
On: Sep 13, 2019 @ 2:09 AM
IP: 180.248.85.2

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PEMBUATAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN MUARA MUNTAI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • Pengarang (nama mhs): Rizqi Amalia Agustina
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada pembuatan E-KTP di Kantor Kecamatan Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian ini ialah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kecamatan Muara Muntai yang dibagi menjadi dua desa yang sudah menpunyai E-KTP dan berjumlah 691 orang. لعبة بلاك Penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel penelitian sebesar 87 orang. Analisis data menggunakan uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan metode analisis regresi linier sederhana. تصفيات كوبا أمريكا 2024 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada pembuatan E-KTP adalah positif, dimana hasil koefisien korelasi (r) nya sebesar 0,878, artinya bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat. Analisis regresi sederhana menunjukkan setiap perubahan nilai kualitas pelayanan maka kepuasan masyarakat akan mengalami perubahan sebesar 0,630. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil 0,771 , maka dapat dikatakan pengaruh kualitas pelayanan sebesar 77,1 % terhadap kepuasan masyarakat pada pembuatan E-KTP di Kantor Kecamatan Muara Muntai. رابونا Sedangkan sisanya 22,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat.
  • NIM: 1302015067
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
  • Volume: 7
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal KIKI PART 2 (09-13-19-02-09-38).doc (174 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal KIKI PART 2 (09-13-19-02-09-38).pdf (295 kB)

Print Friendly, PDF & Email