eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PERAN KEPALA DESA DALAM PEMBERDAYAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI DESA GAS ALAM KECEMATAN MUARA BADAK KABUPATEN KUKAR (Ni Ayu Silvy Aprillia)

Submitted by: ,
On: May 23, 2018 @ 6:38 AM
IP: 36.84.231.80

  • Judul artikel eJournal: PERAN KEPALA DESA DALAM PEMBERDAYAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI DESA GAS ALAM KECEMATAN MUARA BADAK KABUPATEN KUKAR
  • Pengarang (nama mhs): Ni Ayu Silvy Aprillia
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Peran Kepala Desa Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil dan menengah Di Desa Gas Alam Badak 1 Kecamatan Muara Badak kabupaten Kutai kartanegara dan untuk Menganalisis apa saja faktor penghambat Peran Kepala Desa Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah Di Desa Gas Alam Badak 1 Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai kartanegara. Metode Penelitian ini yaitu menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu meliputi Meningkatkan kapasitas dan fasilitas, melakukan penyuluhan terhadap pemberdayaan usaha kecil, melakukan evaluasi terhadap masyarakat dan faktor penghambat peran kepala desa dalam pemberdayaan usaha kecil dan menengah di desa gas alam badak 1 kecamatan muara badak kabupaten kutai kartanegara. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas key informan yaitu kepala desa dan informan penelitian yakni ketua usaha amplang dan anggota usaha pentol yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pada peran kepala desa dalam pemberdayaan usaha kecil dan menengah di desa gas alam badak 1 kecamatan muara badak kabupaten kutai kartanegara belum berjalan maksimal sebagaimana mestisnya hal ini terlihat dari kurangnya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran kepala desa, pemberdayaan usaha kecil dan menengah
  • NIM: 1302015252
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. AjiRatnaKusuma dan Hj. Hariati, S.Sos, M.Si

Print Friendly, PDF & Email