eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) (Studi Tentang Program Pembangunan Drainase dan Sanitasi di Kelurahan Teritip Kota Balikpapan) (SAHRIA APRILIANA)

Submitted by: ,
On: Feb 12, 2018 @ 5:26 AM
IP: 36.83.63.69

  • Judul artikel eJournal: PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) (Studi Tentang Program Pembangunan Drainase dan Sanitasi di Kelurahan Teritip Kota Balikpapan)
  • Pengarang (nama mhs): SAHRIA APRILIANA
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dalam Program Pembangunan Drainase dan Sanitasi di Kelurahan Teritip Kota Balipapan dibawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Santi Rande, M.Si selaku pembimbing II Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dalam program pembangunan drainase dan sanitasi di Kelurahan Teritip Kota Balikpapan dan menghambat dalam pelaksanaan program kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dalam program pembangunan drainase dan sanitasi di Kelurahan Teritip Kota Balikpapan. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. روليت دبل زيرو Fokus penelitian ini adalah: 1. ويسترن يونيون المواقع Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program Kota Tanpa Kumuh, meliputi : a. Partisipasi msayarakat dalam perencanaan; b. Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program; c. Partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan hasil; d. Partisipasi masyarakat dalam tahapan evaluasi hasil pembangunan. 2. Faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).Teknik analisis data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumen. العب اونلاين Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dalam program Pembangunan Drainase dan Sanitasi di Kelurahan Teritip Kota Balikpapan sudah baik dalam pemanfaatan hasil pembangunan, hanya saja dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemanfaatan hasil pembangunan belum maksimal hal ini dapat dilihat dari pada perencanaan hanya beberapa saja warga yang terlibat, dalam pelaksanaan nya belum semua warga ikut dalam kegiatan pelaksanaan nya karena kesibukan masyarakat akan pekerjaan/profesinya, dan tahapan evaluasi belum adanya peningkatan secara signifikan terhadap manfaat drainase itu sendiri. Faktor penghambat meliputi masih kurangnya kesadaran/kemauan masyarakat itu sendiri, kesibukan masyarakat terhadap pekerjaannya yang menjadikan ketidakhadiran masyarakat dalam perencanaan maupun pelaksanaannya, kurangnya kepercayaan masyarakat tentang penyelenggaraan program Kotaku, seperti penyelewengan dana untuk menyelenggarakan program tersebut, kebiasaan masyarakat yang tidak bisa dipungkiri akan mengharapkan imbalan, kurang pahamnya masyarakat akan pembangunan yang baik dan kurang tanggapnya masyarakat terhadap masalah-masalah yang terjadi pada lingkungan sendiri, dan fasilitas yang kurang memadai.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Partisipasi Masyarakat, Program Kota Tanpa Kumuh
  • NIM: 1302015143
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aji Ratna kusuma, M.Si dan Dr. Santi Rande, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 6
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal SAHRIA (02-12-18-05-26-07).doc (93 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal SAHRIA (02-12-18-05-26-07).pdf (258 kB)

Print Friendly, PDF & Email