eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

IMPLEMENTASI PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) DI DESA SUKOMULYO KECAMATAN SEPAKU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA (Studi Kasus di SDN 011 dan SDN 013) (Lidia Lusiana)

Submitted by: ,
On: Jan 17, 2018 @ 7:33 AM
IP: 125.160.45.121

  • Judul artikel eJournal: IMPLEMENTASI PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) DI DESA SUKOMULYO KECAMATAN SEPAKU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA (Studi Kasus di SDN 011 dan SDN 013)
  • Pengarang (nama mhs): Lidia Lusiana
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Lidia Lusiana, Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) di Desa Sukomulyo Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (Studi Kasus di SDN 011 dan SDN 013). Bimbingan Ibu Dr. Fajar Apriani, S.Sos. M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Dr. Santi Rande, S.Sos. M.Si selaku Dosen Pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) di Desa Sukomulyo Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (Studi Kasus di SDN 011 dan SDN 013) serta untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Key informan dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Kepala Sekolah Dasar Negeri 011 dan Kepala Sekolah Dasar Negeri 013 Sepaku sedangkan informan lainnya adalah guru dari SDN 011 dan SDN 013 beserta orangtua siswa penerima dari SDN 011 dan SDN 013 Sepaku. Sedangkan alat analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Kesimpulan dalam implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) di Desa Sukomulyo Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (Studi Kasus di SDN 011 dan SDN 013) masih belum optimal yaitu masih terdapat kendala seperti masih banyak siswa yang kurang mampu yang tidak memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sementara KIP tersebut menjadi prioritas untuk dapat memperoleh bantuan PIP dan sosialisasi yang masih kurang maksimal yang seharusnya diberikan kepada orangtua calon penerima. Faktor pendukung dalam PIP di SDN 011 dan SDN 013 Sepaku adalah adanya kerjasama dari pihak sekolah yang membantu orangtua siswa penerima jika ada kesulitan, tersedianya sarana pendukung yaitu komputer yang digunakan untuk mendata calon penerima bantuan, sedangkan faktor penghambatnya adalah penerima KIP sebagai syarat menerima PIP masih kurang tepat sasaran masih ada yang tidak sesuai dengan kondisi yang riil, jumlah penerima yang diusulkan ke dinas oleh sekolah masih kurang jumlahnya sementara masih banyak siswa yang membutuhkan bantuan serta tidak adanya juklak untuk pedoman sekolah.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP)
  • NIM: 1302015093
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Fajar Apriani, S.Sos. M.Si dan Dr. Santi Rande, S.Sos. M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 6
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal LIDYA (01-17-18-07-33-51).doc (79 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal LIDYA (01-17-18-07-33-51).pdf (174 kB)

Print Friendly, PDF & Email