eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TENAGA MEDIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KECAMATAN HARUAI KABUPATEN TABALONG KALIMANTAN SELATAN (Ayu Ariany)

Submitted by: ,
On: Nov 15, 2017 @ 1:30 AM
IP: 125.160.76.119

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TENAGA MEDIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KECAMATAN HARUAI KABUPATEN TABALONG KALIMANTAN SELATAN
  • Pengarang (nama mhs): Ayu Ariany
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Ayu Ariany, 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Tenaga Medis terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. Bimbingan Bapak Dr. Djumadi.,M.Si. selaku dosen pembimbing I dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si. selaku dosen pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Haruai. Serta untuk mengukur besarnya pengaruh kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Definisi operasional meliputi independen variabel atau kualitas pelayanan dan dependen variabel atau kepuasan masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan 75 orang masyarakat yang berobat di Puskesmas Haruai sebagai responden dengan menggunakan Teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Alat pengukur data yang digunakan ialah skala likert. Analisis data yang digunakan adalah koefisien korelasi Product Moment (rxy) dan analisis Regresi Linier Sederhana. Kesimpulan berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang dihasilkan dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, hipotesis yang diajukan dapat diterima untuk N=75, dimana rxy hitung lebih besar dari harga kritis rxy tabel (0,797>0,227) pada tingkat, dan termasuk dalam pengaruh yang kuat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Haruai kabupaten Tabalong. Kemudian melakukan uji regresi sederhana dan memperoleh hasil persamaan yaitu Y = 21,418 + 0,208X. Selanjutnya dari hasil uji determinasi besar pengaruh kualitas pelayanan tenaga medis terhadap kepuasan pasien di Puskesmas kecamatan Haruai kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan adalah 63,52%.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
  • NIM: 1202015231
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si. dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si.
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 5
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (11-15-17-01-30-55).doc (235 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (11-15-17-01-30-55).pdf (264 kB)

Print Friendly, PDF & Email