eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) WONOREJO SAMARINDA (Hamida Deny Ningsih)

Submitted by: ,
On: Oct 3, 2017 @ 1:39 AM
IP: 36.84.3.209

  • Judul artikel eJournal: PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) WONOREJO SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Hamida Deny Ningsih
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Hamida Deny Ningsih, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pada Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Wonorejo Samarinda di bawah bimbingan Bapak Dr. Djumadi, M.Si dan Ibu Hj. Hariati, S.Sos., M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat yang dilakukan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Wonorejo di kota Samarinda serta untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Wonorejo di kota Samarinda. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik pada Puskesmas Wonorejo Samarinda dari indikator tangibles (bukti fisik) memiliki fasilitas dan kondisi ruangan yang cukup baik, responsiveness (daya tanggap) kepada masyarakat, dengan cepat merespon kebutuhan masyarakat. reliability (kehandalan) pegawainya sudah baik, insurance (jaminan) sudah baik dari kepastian pegawai dalam pemberian resep obat yang dilakukan dengan benar dan hasil analisa perawatan yang diberikan, empathy (empati) pegawai kepada masyarakat sudah baik, dengan perhatian pegawai dengan kebutuhan pasiennya dan dengan keramahan dan kesopanan pelayanannya. Faktor penghambat kurangnya perbaikan sarana gedung Puskesmas, anggaran puskesmas yang lambat, kedisiplinan pegawai, tidak ada penambahan pegawai, tidak dilakukan perluasan atau penambahan ruang tunggu dan tidak adanya penambahan pegawai bagian poli anak. Faktor pendukung dari kesadaran pegawai, penghasilan pegawai, pemberian insentif/gaji pegawai dilaksanakan dengan baik, adanya dorongan dan motivasi Kepala Puskesmas, program kerja Puskesmas dijalankan dengan baik, penempatan pegawai sesuai dengan pendidikan atau kompetensi yang dimiliki, menyediakan fasilitas, parkiran kendaraan masyarakat sudah luas, pelayanan yang tidak berbelit-belit, dan kebersihan puskesmas.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, Pelayanan Publik dan Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS).
  • NIM: 1002015170
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si dan Hj. Hariati, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (10-03-17-01-39-57).doc (108 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (10-03-17-01-39-57).pdf (133 kB)

Print Friendly, PDF & Email