EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PASCA PEMEKARAN KECAMATAN SAMARINDA KOTA, DI KOTA SAMARINDA (Annisa Yulianti)
Submitted by: ,
On: Aug 1, 2017 @ 5:19 AM
IP: 110.139.164.157
- Judul artikel eJournal: EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PASCA PEMEKARAN KECAMATAN SAMARINDA KOTA, DI KOTA SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): Annisa Yulianti
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Annisa Yulianti, Studi Tentang Efektivitas Pelayanan Publik Pasca Pemekaran Kecamatan Samarinda Kota, Di Kota Samarinda dibawah bimbingan Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si dan Drs. H. Hamdan, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Efektivitas Pelayanan Publik di Kecamatan Samarinda Kota setelah dilakukan pemekaran dari kecamatan sebelumnya yaitu Kecamatan Samarinda Ilir. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara library research dan field work research yaitu observasi, wawancara langsung dengan responden dan penelitian arsip-arsip serta dokumen yang ada pada Kantor Kecamatan Samarinda Kota. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Analisis yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode analisis data deskriptif kualitatif, yaitu analisis data yang mendeskripsikan serta menganalisis data yang diperoleh, kemudian dijabarkan dalam bentuk penjelasan yang sebenarnya, yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyederhanaan data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclution drawing). Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa secara keseluruhan Efektivitas Pelayanan Publik di Kecamatan Samarinda Kota belum berjalan dengan maksimal, karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa waktu pelayanan masih kurang efisien dan pelayanan di Kecamatan Samarinda Kota terkendala dengan gedung yang belum menetap sehingga pihak kecamatan tidak bisa maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam proses peningkatan efektivitas pelayanan publik di Kecamatan Samarinda Kota diperlukan Standar Pelayanan sebagai acuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat memberikan kritik dan saran atas pelayanan yang di berikan.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Efektivitas, Pelayanan Publik, Pemekaran, Kecamatan Samarinda Kota
- NIM: 1002015052
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
- Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si dan Drs. H. Hamdan, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
- Volume: 5
- Nomor: 3
- Tahun: 2017
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (08-01-17-05-19-35).doc (102 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (08-01-17-05-19-35).pdf (169 kB)