eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA (Wansri Yuliana)

Submitted by: ,
On: Jul 19, 2017 @ 2:04 AM
IP: 180.248.119.153

  • Judul artikel eJournal: PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Wansri Yuliana
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Wansri Yuliana, 2012, NIM 1202015106, Peran Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda, Program Studi Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dibawah bimbingan Dr. H. Abdullah Karim, M.S selaku Dosen Pembimbing I dan Dr. Bambang Irawan, M.Si selaku Dosen Pembimbing II. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Fungsi Lurah Selaku Pemimpin Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Program HBS di Kelurahan Pelita Kota Samarinda, dan faktor apa saja yang menjadi penghambat Fungsi Lurah Selaku Pemimpin Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Program HBS di Kelurahan Pelita Kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penelitian yang memaparkan dan bertujuan memberikan gambaran serta penjelasan dari variabel yang diteliti sesuai dengan fokus penelitian meliputi peran sistem informasi dalam mengelola informasi, menghasilkan informasi dan menyajikan informasi serta faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan accsidental sampling kemudian teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara secara mendalam dan penelitian dokumen. Key informan dalam penelitian ini adalah Camat Sungai Kunjang, sedangkan informan lainnya adalah staf atau pegawai Kecamatan Sungai Kunjang dan masyarakat yang sedang berada di Kantor Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen sangat berperan dalam mengelola informasi, menghasilkan informasi, dan menyajikan informasi. Dengan menggunakan sistem komputer dan perangkat teknologi lainnya informasi dapat dikelola dan disampaikan kepada yang membutuhkan secara cepat dan akurat, serta memudahkan pegawai di Kantor Kecamatan Sungai Kunjang dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan masing-masing terutama berhubungan dengan pelayanan publik. Hal tersebut tidak terlepas dari faktor penghambat dan pendukung, adapun yang menjadi pendukung dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Sungai Kunjang adalah teknologi informasi dan komunikasi. Dan yang menjadi penghambat adalah jaringan yang lambat, listrik yang padam, kurangnya kemampuan pegawai Kecamatan Sungai Kunjang menggunakan atau mengoperasikan teknologi seperti komputer dan perangkatnya, namun begitu Kantor Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda sudah semaksimal mungkin berusaha untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Sistem Informasi Manajemen, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik.
  • NIM: 1202015106
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Abdullah Karim, M.S dan Dr. Bambang Irawan, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL fix (07-19-17-02-04-25).docx (48 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL fix (07-19-17-02-04-25).pdf (155 kB)

Print Friendly, PDF & Email