eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AIR BERSIH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PDAM DI KOTA BONTANG (Yulia Lestari)

Submitted by: ,
On: May 12, 2017 @ 7:37 AM
IP: 125.162.113.124

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AIR BERSIH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PDAM DI KOTA BONTANG
  • Pengarang (nama mhs): Yulia Lestari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Yulia Lestari, 2012, NIM 1202015098, Pengaruh Kualitas Pelayanan Air Bersih Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM di Kota Bontang, Program Studi Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Dibawah Bimbingan Dr. Enos Paselle, M.AP Selaku Dosen Pembimbing I dan Hj. Hariati, S.Sos., M.Si Selaku Dosen Pembimbing II. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis ada tidaknya pengaruh kualitas pelayanan air bersih terhadap kepuasan pelanggan PDAM dikota Bontang. Jenis penelitian adalah hipotesis asosiatif deskriptif yaitu penelitian yang untuk mengetahui dan mendiskripsikan ada tidaknya pengaruh kualitas pelayanan air bersih terhadap kepuasan PDAM di kota Bontang, Indikator penelitian yang digunakan dalam skripsi ini mengenai tingkat pelayanan air bersih, kualitas air bersih, kuantitas dan tekanan, kontinuitas air bersih. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode korelasi product moment. Kesimpulan dari hasil penelitian diketahui bahwa kualitas air bersih berpengaruh signifikandan sangat kuat terhadap kepuasan pelanggan PDAM Tirta Taman di kota Bontang. Kontinuitas maupun kuantitas air yang masih dalam proses pengaliran bergilir masih menjadi salah satu bentuk ketidakpuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan PDAM, kualitas air bersih yang terkadang masih tidak sesuai dengan keinginan pelanggan juga menjadi faktor pendorong bagi PDAM untuk selalu mengukur tingkat kepuasan sesuai dengan kebutuhan pelanggan mereka. Dari hasil yang penulis lakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen dan variabel dependen dikarenakan
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, Air Bersih, Kepuasan Pelanggan
  • NIM: 1202015098
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle, M. AP dan Hj. Hariati, S,Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 5
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL isi fix (05-12-17-07-37-26).docx (71 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL isi fix (05-12-17-07-37-26).docx (71 kB)