IMPLEMENTASI PELAYANAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR II (BBN-KB II) di UPT DINAS PENDAPATAN DAERAH PROV.KALTIM PENAJAM PASER UTARA (Desi Ardianti)
Submitted by: ,
On: Feb 27, 2017 @ 9:42 AM
IP: 180.246.136.51
- Judul artikel eJournal: IMPLEMENTASI PELAYANAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR II (BBN-KB II) di UPT DINAS PENDAPATAN DAERAH PROV.KALTIM PENAJAM PASER UTARA
- Pengarang (nama mhs): Desi Ardianti
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Implementasi Pelayanan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II (BBN-KB II) di UPT Dinas Pendapatan Daerah Prov.Kaltim Penajam Paser Utara. Dibawah bimbingan Bapak Dr.Djumadi, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Santi Rande, M.Si selaku pembimbing II, Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pelayanan Bea Balik Balik Nama Kendaraan Bermotor II (BBN-KB II) serta mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pelayanan Bea Balik Balik Nama Kendaraan Bermotor II (BBN-KB II) di UPT Dinas Pendapatan Daerah Prov.Kaltim Penajam Paser Utara. Adapun sumber data yang digunakan oleh penulis dalam melakukan penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dengan melakukan Library Research (penelitian kepustakaan), Field Work Research (penelitian lapangan). Sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II (BBN-KB II) merupakan pergantian nama dari pemilik pertama kepada pemilik kedua dimana Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor adalah pajak atas penyerahan hak milik kendaraan bermotor sebagai akibat perjanjian dua pihak atau perbuatan sepihak atau keadaan yang terjadi karena jual beli, tukar-menukar, hibah, warisan, atau pemasukan kedalam badan usaha. Karena menyadari bahwa pelayanan yang diberikan petugas kepada masyarakat (wajib pajak) sangat berpengaruh kepada implementasi pelayanan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II (BBN-KB II), maka disinilah pelayanan yang memuaskan dibutuhkan dari mulai prosedur pelayanan, transparansi, ketepatan waktu pelayanan, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses dan keramah-tamahan petugas pelayanan yang merupakan indikator dalam implementasi pelayanan BBN-KB II. Dari hasil yang penulis lakukan menunjukan bahwa kesadaran masyarakat masih kurang dikarenakan kurangnya informasi mengenai BBN-KB II dari petugas UPT Dinas Pendapatan serta Samsat Penajam Paser Utara.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Implementasi, Pelayanan Publik, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II (BBN-KB II)
- NIM: 1202015073
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
- Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si Dr. Santi Rande, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
- Volume: 5
- Nomor: 1
- Tahun: 2017
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (02-27-17-09-42-31).doc (109 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (02-27-17-09-42-31).pdf (152 kB)