eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PELAKSANAAN KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK) DAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) DI KANTOR KECAMATAN LEMPAKE KOTA SAMARINDA UTARA (Arsul Tumnusa)

Submitted by: ,
On: Nov 3, 2016 @ 1:00 AM
IP: 125.160.69.89

  • Judul artikel eJournal: PELAKSANAAN KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK) DAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) DI KANTOR KECAMATAN LEMPAKE KOTA SAMARINDA UTARA
  • Pengarang (nama mhs): Arsul Tumnusa
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Arsul Tumnusa, Pelaksanaan Kualitas pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Di Kantor Kecamatan Lempake Samarinda Utara Kota Samarinda di bawah bimbingan Bapak Drs. H. Achmad Djumlani, M.Si dan Bapak Drs. H. Burhanudin, M.Si.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan pelaksanaan kualitas pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kantor Kecamatan Lempake Samarinda Utara dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung terhadap pelaksanaan kualitas pelayanan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kantor Kecamatan Lempake Samarinda Utara. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian pelaksanaan kualitaas pelayanan pembuatan (KK) dan ( KTP) dengan sub fokus penelitian meliputi: prosedur pelayanan, transparansi pegawai pemberi layanan terhadap pemohon, sarana dan prasarana penunjang pelayanan, kompetensi pegawai pemberi pelayanan, daya tanggap, keramahtamahan pegawai dalam pelayanan dan faktor-faktor yang menghambat dalam pelaksanaan pelayanan pembuatan KK dan KTP di Kantor Kecamatan Lempake Samarinda Utara Kota Samarinda.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam peningkatan prosedur pelayanan, proses dan prosedur ini meliputi seluruh aktifitas kegiatan pelayanan secara berurutan pendaftar pembuatan KK dan KTP. Transparansi pegawai pemberi layanan terhadap pemohon. pelayanan Kecamatan harus bersifat netral dan tidak memihak. Sarana dan prasarana yang ada di Kecamatan Lempake Samarinda Utara perlu ada penambahan dan perbaikan dari segi ruang pelayanan dan ruang tersebut belum dilengkapi dengan sarana lain. Meningkatkan keramahtamahan pegawai di Kecamatan Lempake, yaitu dari tingkah laku pegawai, kemampuan, keterampilan kerja pegawai mengenai sikap perilaku kedisiplinan dalam memberikan pelayanan terhadap pelayanan terhadap permohonan yang ditunjukan dari responsitivitas pegawai.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan.
  • NIM: 1102015167
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Pembimbing 1, Drs. H. Achmad Djumlani, M.Si Pembimbing 2, Drs. H. Burhanudin, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (11-03-16-01-00-26).doc (98 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (11-03-16-01-00-26).pdf (198 kB)

Print Friendly, PDF & Email