eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PASCA PEMEKARAN DI DESA SUMBER SARI KECAMATAN SEBULU KABUPATEN KUKAR KARTANEGARA (Aris Adi Candra)

Submitted by: ,
On: Aug 22, 2016 @ 2:31 AM
IP: 125.160.65.130

  • Judul artikel eJournal: EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PASCA PEMEKARAN DI DESA SUMBER SARI KECAMATAN SEBULU KABUPATEN KUKAR KARTANEGARA
  • Pengarang (nama mhs): Aris Adi Candra
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Aris Adi Candra, Efektivitas Pelayanan Publik Pasca Pemekaran di Desa Sumber Sari Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara, di bawah bimbingan yang saya hormati Ibu Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Bambang Irawan, S.Sos.,M.Si selaku pembimbing II.
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Efektivitas Pelayanan Publik yang diberikan oleh Aparatur di Kantor Desa Sumber Sari Kecamatan Sebulu Kabupaten Kukar Pasca adanya Pemekaran dan untuk mengetahui kendala – kendala yang dihadapi dalam rangka meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik di desa Sumber Sari.
    Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik Pasca Pemekaran di Desa Sumber Sari Kecamatan Sebulu Kabupaten Kukar mengacu pada Standar Pelayanan Publik, yang meliputi: a. Prosedur pelayanan, b. Waktu penyelesaian, c. Produk pelayanan, d. Sarana dan prasarana, e. Kompetensi petugas penberi pelayanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Work Research) dengan teknik: observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu alat analisis data model interaktif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Pelayanan Publik yang ada di Kantor Desa Sumber Sari Kecamatan Sebulu Kabupaten Kukar secara Prosedur Pelayanan sudah sederhana, mudah dipahami dan tidak berbelit-belit karena sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Kecepatan waktu penyelesaian masih belum berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Produk pelayanan yang dihasilkan seperti jenis surat-menyurat sudah baik karena adanya penerapan program yang membuat hasil dari produk pelayanan lebih akurat. Sarana dan prasarana sudah lebih baik dari keadaan sebelum adanya pemekaran, tetapi belum sepenuhnya menunjang proses pelayanan kepada masyarakat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Efektivitas, Pelayanan Publik, Pemekaran, Desa. Pendahuluan
  • NIM: 1102015104
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si Dr. Bambang Irawan, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Ganjil Aris (08-22-16-02-31-34).doc (103 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Ganjil Aris (08-22-16-02-31-34).pdf (84 kB)

Print Friendly, PDF & Email