eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PENYELENGGARAAN PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SAMARINDA (Icha Liana Sari)

Submitted by: Liana Sari, Icha
On: Apr 18, 2016 @ 10:47 AM
IP: 180.248.253.215

  • Judul artikel eJournal: PENYELENGGARAAN PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Icha Liana Sari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Icha Liana Sari, 2016, Penyelenggaraan Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil kota Samarinda, di bawah bimbingan Drs. Endang Erawan, M.Si dan Dr. Enos Paselle, M.AP.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelenggaraan pelayanan pembuatan Akta Kelahiran di kantor Disdukcapil Kota Samarinda dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Fokus penelitian meliputi penyelenggaraan pelayanan pembuatan akta kelahiran yang di dalamnya adalah prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk yang dihasilkan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas pelayanan serta faktor pendukung dan penghambat penyelenggaraan pelayanan pembutan Akta Kelahiran.
    Metode penelitian data desktiptif kualitatif dengan model interaktif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan penelitian dokumen. Sumber data diperoleh melalui pengamatan dan wawancara dengan narasumber yaitu Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Kepala Seksi Kelahiran dan Kematian, beserta staf pelayanan dan beberapa masyarakat.
    Hasil penelitian menyatakan bahwa penyelenggaraan pelayanan pembuatan Akta Kelahiran di Disdukcapil Kota Samarinda sudah cukup baik. Prosedur telah memenuhi kriteria dalam prinsip pelayanan publik yaitu kesederhanaan.Waktu penyelesaian pembuatan Akta Kelahiran telah memenuhi kriteria kepastian waktu penyelesaian, hal tersebut dapat diketahui dari adanya kejelasan waktu penyelesaian yang sudah ditetapkann. Biaya pelayanan gratis untuk pembuatan Akta Kelahiran. Produk pelayanan telah memenuhi kriteria prinsip pelayanan publik yaitu akurasi, produk pelayanan publik diterima dengan benar, tepat dan sah, serta memiliki kepastian hukum. Sarana dan prasarana cukup lengkap. Kompetensi petugas juga sudah cukup baik, petugas pelayanan sudah cukup menguasai bidang yang dilaksanakanFaktor pendukung penyelenggaraan pelayanan pembuatan Akta Kelahiran adanya dasar hukum yang jelas dan sah, kesiapan petugas pelaksana pelayanan, serta sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya, kurangnya petugas pelayanan, kurangnnya kesadaran masyarakat untuk membuat Akta Kelahiran,serta sarana dan prasarana yang kurang lengkap.

  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Akta Kelahiran, DinasKependudukan Dan Pencatatan Sipil
  • NIM: 0902015034
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Endang Erawan, M.Si & Dr. Enos Paselle, M.AP
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal (04-18-16-10-47-55).doc (115 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal (04-18-16-10-47-56).pdf (189 kB)