eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI PUSKESMAS SEGIRI KECAMATAN SAMARINDA ULU (NOVITA AYU)

Submitted by: ,
On: Mar 6, 2016 @ 1:26 PM
IP: 125.160.65.95

  • Judul artikel eJournal: PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI PUSKESMAS SEGIRI KECAMATAN SAMARINDA ULU
  • Pengarang (nama mhs): NOVITA AYU
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Novita Ayu, Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Puskesmas Segiri Kecamatan Samarinda Ulu dibawah bimbingan Bapak Dr. Farhanuddin Jamanie, M.Si dan Ibu Dr. Santi Rande, M.Si.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengdeskripsikan Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Puskesmas Segiri Kecamatan Samarinda Ulu dan untuk mengetahui hambatan atau kendala yang dihadapi Puskesmas dalam pelaksanaan Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
    Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara library research dan field reseach yaitu observasi, wawancara langsung dengan key informen, arsip serta dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Purposive sampling adalah pemilihan sampel yang ada dalam posisi terbaik untuk memberikan informasi, dan dalam penelitian ini informan yang ditunjuk adalah orang-orang yang benar-benar memahami tentang Pelayanan BPJS Kesehatan di Puskesmas Segiri. Accidental sampling adalah penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang cocok sebagai sumber data.
    Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu analisis data interaktif, yang diawali dengan proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan.
    Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa pelaksanaan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Puskesmas Segiri Kecamatan Samarinda Ulu sudah berjalan dengan baik. Akan tetapi ada beberapa hambatan yang dihadapi yaitu terbatasnya fasilitas yang berikan seperti ruang tunggu yang sempit dikarenakan gedung Puskesmas Segiri yang tergolong kecil. Terbatasnya ketersediaan obat-obatan dan alat medis yang ada, serta kurangya tenaga medis yang ada sehingga membuat pegawai Puskesmas Segiri tidak maksimal dalam memberikan pelayanan kepada pasien, karena ketidaksesuain tenaga medis yang ada dengan pasien yang datang.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan
  • NIM: 110215117
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Farhanuddin Jamanie, M.Si & Dr. Santi Rande, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal (03-06-16-01-26-33).docx (45 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal (03-06-16-01-26-33).pdf (208 kB)

Print Friendly, PDF & Email