eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) DI POLRESTA SAMARINDA (Chauwa Gemilang)

Submitted by: ,
On: Mar 1, 2016 @ 2:36 AM
IP: 125.160.65.31

  • Judul artikel eJournal: IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) DI POLRESTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Chauwa Gemilang
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Chauwa Gemilang, 2012, NIM 1202015063, Implementasi Pelayanan Prima Dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Di Polresta Samarinda, Program Studi Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dibawah bimbingan Dr. Djumadi, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Dr. Santi Rande, M.Si selaku Dosen Pembimbing II.
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa dan faktor yang menghambat implementasi pelayanan prima dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polresta Samarinda. Adapun indikator-indikator yang menjadi fokus penelitian ini adalah prosedur pelayanan pembuatan surat izin mengemudi, waktu penyelesaian pelayanan pembuatan surat izin mengemudi, transparansi pembuatan surat izin mengemudi, biaya pelayanan pembuatan surat izin mengemudi, dan terakhir sarana dan prasarana / fasilitas menunjang layanan surat izin mengemudi. Serta apa yang menjadi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam implementasi pelayanan prima dalam pembuatan surat izin mengemudi.
    Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Polresta Samarinda. Sumber data diperoleh dari data primer melalui observasi dan data sekunder melalui telaah pustaka dan berbagai literatur seperti buku, internet yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis model interaktif.
    Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Implementasi Pelayanan Prima dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polresta Samarinda secara implementatif masih belum berjalan maksimal dari segi waktu penyelesaian pelayanan masih belum dapat dipastikan, selain itu sarana dan prasarana / fasilitas penunjang layanan SIM juga masih kurang seperti ruang foto SIM dan alat produksi SIM akibatnya waktu jadi tidak tepat dan sedikit terhambat dimana saat pemohon sedang ramai, demikian pula dengan hambatan-hambatan dalam pembuatan SIM seperti jaringan sistem online yang terkadang mengalami gangguan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Implementasi, Pelayanan Prima, Surat Izin Mengemudi (SIM).
  • NIM: 1202015063
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si & Dr. Santi Rande, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (03-01-16-02-36-33).docx (50 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (03-01-16-02-36-33).pdf (72 kB)

Print Friendly, PDF & Email