STUDI TENTANG PENGELOLAAN PARKIR (ON THE STREET) DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN KELANCARAN LALU-LINTAS OLEH DINAS PERHUBUNGAN KOTA SAMARINDA (Sumarni)
Submitted by: ,
On: Feb 22, 2016 @ 10:34 AM
IP: 180.246.138.184
- Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG PENGELOLAAN PARKIR (ON THE STREET) DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN KELANCARAN LALU-LINTAS OLEH DINAS PERHUBUNGAN KOTA SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): Sumarni
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini menyoroti tentang Strategi Pengelolaan Parkir (On The Street) Oleh Dinas Perhubungan Kota Samarinda dalam hal Pengelolaan Parkir Tepi Jalan Umum, Penanganan Parkir Liar, Dimensi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan Dimensi Kelancaran Arus Lalu Lintas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui library research dan field research yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan, arsip serta dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Sedangkan untuk menentukan sumber data dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling disesuaikan dengan tujuan penelitian serta teknik accidental sampling.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu analisis data model interaktif, yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa dalamPermasalahan parkir dilakukan beberapa strategi pengelolaan parkir tepi jalan umum yakni dengan cara; Pertama, Pengaturan ruas-ruas jalan yang boleh untuk parkir, yang sudah mencakup lokasi dan parkirnya sehingga gangguan terhadap kelancaran arus lalu lintas bisa diminimalkan, Kedua Mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas parkir yang telah ada, Ketiga Penyediaan fasilitas parkir diluar badan jalan khususnya pada kawasan perdagangan, jasa dan perkantoran serta tempat hiburan atau rekreasi, Keempat Penambahan item persyaratan dalam pengusulan ijin mendirikan bangunan (IMB) mengenai penyediaan fasilitas parkir. Dalam hal evaluasi kebijakan/strategi pengelolaan parkir yaitu; Pertama, yang dilakukan dalam penetapan target oleh Dinas Pendapatan Daerah yang hanya mengedepankan peningkatan Pendapatan daerah namun tidak pada kelancaran lalu lintas dan tidak pula terealisasinya target. Kedua, yakni adanya kebijakan mengenai wajib karcis yang dilaksanakan oleh UPTD pengelolaan parkir Dinas perhubungan kota Samarinda dimana kebijakan tersebut mewajibkan adanya bukti administratif yakni karcis pada aktifas parkir di setiap titik parkir yang ada di kota Samarinda. Ketiga, kebijakan pemerintah dalam memihak ketigakan pengelolaan parkir dan bekerjasama dengan koperasi Koperasi Primkopad Kartika Aji Mustika Korem dengan tujuan membantu dalam meningkatan pendapatan daerah dan membina seluruh juru parkir liar yang ada dikota Samarinda. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): strategi, pengelolaan, parkir, tepi jalan umum (on the street)
- NIM: 1102015201
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Enos Paselle, S,Sos. M.A.P & Dr. M.Zaini, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
- Volume: 4
- Nomor: 1
- Tahun: 2016
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal nanny (02-22-16-10-34-48).docx (53 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal nanny (02-22-16-10-34-48).pdf (95 kB)