eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN KUARO KABUPATEN PASER (AINUL YAQIN )

Submitted by: ,
On: Feb 3, 2016 @ 9:24 AM
IP: 180.246.136.253

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN KUARO KABUPATEN PASER
  • Pengarang (nama mhs): AINUL YAQIN
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Ainul Yaqin, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser di bawah bimbingan Ibu Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si dan Bapak Dr. Enos Paselle, S.Sos, M.AP.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas pelayanan publik di kantor Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja faktor penghambat dan pendukung kualitas pelayanan publik di kantor Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehandalan pegawai di Kecamatan Kuaro dari seluruh pegawai dinilai sudah memiliki kemampuan sesuai dengan tugas dan fungsinya pada tiap bagian masing-masing untuk memberikan pelayanan yang tepat dan benar kepada masyarakat. Dari bukti fisik ketersediaan SDM dan sumberdaya dari keuangan, computer, sarana prasarana sudah baik. Ketanggapan pegawai di Kecamatan sudah baik. Terlihat dari kemampuan pegawai menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Jaminan sikap para pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dinilai baik oleh atasan. Empati pegawai di Kecamatan Kuaro memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, dengan tidak pernah membeda-bedakan antara masyarakat yang satu dengan yang lain.
    Faktor penghambat dari pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat kurang dapat dilaksanakan dengan baik dan berkualitas, tingkat pemahaman pegawai terhadap tupoksinya sesuai dengan peraturan yang berlaku, tingkat kepekaan tugas pekerjaan dengan hasil yang dicapai dan prioritas terhadap tugas dan pekerjaan yang mendesak masih rendah, keterbatasan dan lambatnya ketersediaan dana dari Pemerintah Kabupaten untuk perbaikan dan penambahan sarana/fasilitas. Faktor pendukungnya dari kewenangan Kecamatan secara tepat sasaran dan pertanggungjawabannya kepada masyarakat secara langsung dan Kecamatan internet tidak lambat pada saat pegawai menggunakannya dalam memberikan pelayanan data kepada masyarakat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan Publik, Kecamatan
  • NIM: 0802015044
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si & Dr. Enos Paselle, S.Sos, M.AP.
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): an_Ainul_jurnal (02-03-16-09-24-22).doc (126 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): an_Ainul_jurnal (02-03-16-09-24-23).pdf (142 kB)