STUDI TENTANG PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SANGASANGA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Rachmat Fachruddin)
Submitted by: ,
On: Dec 1, 2015 @ 3:57 AM
IP: 180.248.69.99
- Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SANGASANGA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
- Pengarang (nama mhs): Rachmat Fachruddin
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Rachmat Fachruddin, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan judul Studi Tentang Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara. Dosen Pembimbing 1. Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Dosen Pembimbing 2. Drs. H. Hamdan, M.Si
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendiskripsikan pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu jenis penelitian yang menggambarkan keadaan atau obyek penelitian pada masa sekarang berdasarkan faktor-faktor yang tampak atau sebagaimana adanya. Fokus penelitian ini adalah: 1. Standar Pelayanan Publik, meliputi: a. Prosedur pelayanan, b. Waktu penyelesaian, c. Produk pelayanan, d. Sarana dan prasarana, e. Kompetensi petugas penberi pelayanan. 2. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis dan Sumber data yang digunakan adalah data primer, teknik purposive sampling dan data skunder, serta dalam pengumpulan data penulis menggunakan cara observasi, wawancara dan tinjauan dokumen dan Insidental Sampling merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan atau incidental bertemu dengan peneliti. Data yang didapat kemudian di analisa dengan melibatkan pengerjaan reduksi data yang dilakukan dengan jalan membuat abstraksi dan penyajian data sampai pada tahap penarikan kesimpulan. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
Hasil peneliitian diperoleh penulis bahwa Studi Tentang Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara secara Prosedur Pelayanan sudah sederhana karena alur pelayanan yang singkat dan tidak berbelit-belit. Ketepatan waktu tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Produk pelayanan yang berupa Kartu tanda Penduduk dan Kartu Keluarga masih jauh dari harapan masyarakat. Sarana dan Prasarana yang ada belum menunjang pemberian pelayanan kepada masyarakat. Kedisiplinan, Kesopanan dan Keramahan aparatur sudah bagus hanya saja belum bersikap ramah, tidak antusias dan kurang berinisiatif dalam memberikan pelayanan. Faktor pendukung pelayanan yaitu kemampuan dan keterampilan aparatur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan faktor penghambat pelayanan meliputi kurangnya sarana dan prasarana penunjangpelayanan berupa mesin generator listrik karena seringnya terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba dan juga terkadang masih saja ada masyarakat yang tidak melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan dalam mengurus suatu keperluan.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan, Pelayanan Publik
- NIM: 1102015197
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si & Drs. H. Hamdan, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
- Volume: 3
- Nomor: 4
- Tahun: 2015
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil-1 – Copy (12-01-15-03-57-10).doc (116 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil-1 – Copy (12-01-15-03-57-10).pdf (84 kB)