Peran Kepala Desa dalam Pelayana Publik Di Kantor Desa Sukomulyo Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat (Yeni Agustina)
Submitted by: Agustina, Yeni
On: Aug 12, 2015 @ 6:15 AM
IP: 36.82.231.35
- Judul artikel eJournal: Peran Kepala Desa dalam Pelayana Publik Di Kantor Desa Sukomulyo Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat
- Pengarang (nama mhs): Yeni Agustina
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran kepala desa dalam pelayanan publik di Kantor Desa Sukomulyo Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat dan untuk mengidentifikasi kendala-kendalayang menghambat peran kepala desa dalam pelayanan publik di Kantor Desa Sukomulyo Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah : 1. Peran Fungsional: a. Inovator; b. Koordinator; c. Evaluator; d. Motivator; 2. Peran Pemelihara yaitu Koordinator; 3. Kendala-kendala apa saja yang menghambat peran kepala desa dalam pelayanan publik di Kantor Desa Sukomulyo Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer melalui teknik Purposive Sampling dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala desa secara umum sudah berjalan dengan baik. Namun ada beberapa peran yang tidak terlaksana dengan maksimal, salah satunya peran evaluator yang sama sekali tidak berjalan. Dan kurangnya komunikasi yang dilakukan kepala desa terhadap masyarakatnya yang mengakibatkan kurang dukungannya masyarakat terhadap setiap kebijakan yang dibuat.Kendala-Kendala dari pelaksaan Peran Kepala Desa dalam Pelayanan Publik Di Kantor Desa Sukomulyo Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat adalah; Kendala secara internal terkait dengan rendahnya tingkat pendidikan para pemerintah desa yang sebagian besar hanya lulusan SD, tidak pernah mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, kemudian kurangnya kesadaran dari para aparatur desa untuk meningkatkan kedisiplinan, sehingga menghambat bahkan mengganggu proses administrasi yang ada. Sedangkan dari eksternalnya yaitu partisipasi yang kurang dari masyarakat dalam setiap program maupun kebijakan yang dibuat oleh kepala desa, kemudian juga faktor ekonomi yang mempengaruhi kedisiplinan para aparatur desa, dan faktor terakhir adalah faktor tenaga listrik, karena di Desa Sukomulyo listrik hanya tersedia pada malam hari sehingga hal ini menghambat proses pelayanan administrasi. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran Kepala Desa, Pelayanan Publik
- NIM: 1102015116
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Prof. Dr. H. Adam Idris,M.Si ; Dr. Enos Paselle, M,AP
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
- Volume: 3
- Nomor: 4
- Tahun: 2015
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): E-journal yeni_2 (08-12-15-06-15-46).doc (90 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): E-journal yeni_2 (08-12-15-06-15-46).pdf (223 kB)