Pengaruh Sarana dan Prasarana Pendidikan Terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar Pada Mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulwarman (Intan Henny Sawitry)
Submitted by: henny sawitry, intan
On: May 2, 2015 @ 4:41 AM
IP: 202.67.38.28
- Judul artikel eJournal: Pengaruh Sarana dan Prasarana Pendidikan Terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar Pada Mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulwarman
- Pengarang (nama mhs): Intan Henny Sawitry
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau menguji hipotesis ada atau tidaknya pengaruh sarana dan prasarana pendidikan terhadap efektifitas proses belajar mengajar pada mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Mulawarman.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Mulawarman berjumlah 683 mahasiswa. Pengambilan Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Probability Sampling dengan teknik stratified sampling, yaitu sebesar 87 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner (angket). Instrumen disusun berdasarkan skala likert. Analisis data meliputi analisis regresi linear sederhana, uji F dan uji koefisien determinasi.
Kesimpulan dari penelitian ini berupa hasil pengujian signifikansi dan linieritas dengan uji keberartian menggunakan uji f diperoleh angka f hitung sebesar 76,276 dan f tabel 1,430 pada taraf signifikan 5%. Dengan melihat besarnya F tabel 1,430 dan F hitung 76.276 di mana nilai F hitung > F tabel atau 76.276 > 1,430 dan F hitung terletak pada daerah tolak, maka Ho ditolak dan Hk diterima, berarti Hk menyatakan bahwa sarana dan prasarana pendidikan (X) berpengaruh terhadap efektivitas proses belajar mengajar (Y) dapat diterima. Sedangkan nilai signifikan 0.000 lebih kecil dari α (0,05). Maka hasil pengujian berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas proses belajar mengajar (Y). - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Sarana dan Prasarana Pendidikan, Proses Belajar Mengajar
- NIM: 100205158
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
- Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. A. Margono, M.Si, Dra. Hj. Ida Wahyuni, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
- Volume: 3
- Nomor: 2
- Tahun: 2015
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Skripsi intand new (05-02-15-04-41-16).docx (303 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Skripsi Intand (05-02-15-04-41-16).pdf (493 kB)