eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PERAN KEPALA DINAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR DINAS SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN TIMUR (MADA WAHYUNI)

Submitted by: ,
On: Jan 29, 2015 @ 12:19 PM
IP: 36.75.47.158

  • Judul artikel eJournal: PERAN KEPALA DINAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR DINAS SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
  • Pengarang (nama mhs): MADA WAHYUNI
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata):
    Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi dan wawancara secara langsung dengan nara sumber. Nara sumber adalah Kepala Dinas, Sekertaris Kepala Dinas, Kasi, dan pegawai di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data-data yang telah di dapat kemudian dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Kepala Dinas Dalam Meningkatkan Kinerja pegawai sudah terlihat baik. Hal ini dilihat dari segi kepemimpinan Kepala Dinas dalam mendorong dan menumbuhkan kesadaran para pegawai, pemberian fasilitas, dan komunikasi yang terjalin kepada para pegawai namun ini belumlah cukup memberikan dampak positif dalam meningkatkan semangat kerja pegawai sehingga dibutuhkan ketegasan Kepala Dinas sebagai pemimpin dan ikut berpartisipasi dalam pemecahan masalah yang terjadi di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur.
    Berdasarkan hasil penelitian tentang Peran Kepala Dinas Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur, maka pada bab ini dapat diambil secara garis besar sebagai berikut:
    Dalam meningkatkan kinerja pegawai Peran Kepala Dinas dalam menumbuhkan pemahaman dan kesadaran para pegawainya masih kurang tegas kepada pegawainya, karena ketegasan seorang pemimpin menjadi salah satu faktor utama dalam hal kepemimpinan karena kalau pemimpin tidak tegas bagaimana ia menindaklanjuti pegawainya dan menegur pegawainya yang melakukan kesalahan. Dalam memotivator bawahannya Peran Kepala Dinas mendorong dan menumbuhkan kesadaran para anggota organisasi, dan pemberian instruksi yang jelas kepada pegawainya hanya saja masih banyak para pegawai yang belum bisa mentaati peraturan-peraturan yang telah ditetapkan di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran, Kepemimpinan
  • NIM: 1002015221
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Heryono Susilo Utomo, M.Si & Hj. Hariati, S.Sos.,M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 3
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Administrative Reform mada (01-29-15-12-19-19).docx (42 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Administrative Reform mada (01-29-15-12-19-19).pdf (75 kB)

Print Friendly, PDF & Email