eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Pelayanan Pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kantor Kepolisian Resort Kota (POLRESTA) Samarinda (Uci Gusriani)

Submitted by: ,
On: Nov 13, 2015 @ 2:22 AM
IP: 202.67.39.20

  • Judul artikel eJournal: Pelayanan Pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kantor Kepolisian Resort Kota (POLRESTA) Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Uci Gusriani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Uci Gusriani, 2015, Pelayanan Pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kantor Kepolisian Resort Kota (POLRESTA) Samarinda. Bimbingan Bapak Dr. H, Achmad Djumlani, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Daryono, S.Sos, M.Si selaku dosen pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan dalam pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kantor Kepolisian Resort Kota (POLRESTA) Samarinda dan untuk menganalisis faktor-faktor penghambatnya..
    Fokus penelitian yang meliputi standar pelayanan Surat Izin Mengemudi, yakni prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas pemberi pelayanan dan faktor penghambat di Kantor Kepolisian Resort Kota (POLRESTA) Samarinda dalam pelayanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM). Sumber data dalam penelitian ini dibagi dalam dua bentuk data yaitu data primer yang sumber datanya diperoleh dari pihak yang menjadi sumber informasi yakni key informan dan informan lainnya, dan data sekunder yang sumber datanya didapat dari sumber bacaan seperti struktur organisasi, tujuan dan fungsi, visi dan misi Polresta, serta profil Polresta. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian pustaka dan penelitian lapangan melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Data Kualitatif Model Interaktif dari Miles, Hubberman, dan Saldana.
    Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, bahwa Kepolisian Resort Kota (POLRESTA) Samarinda belum dapat memuaskan para pemohon SIM dalam hal pelayanan yang diberikan. Melalui penelitian yang dilakukan dengan proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Masih terdapat kendala dalam hal pelayanan pada proses pengurusan SIM. Sebagian besar hal ini disebabkan oleh waktu pelayanan yang sangat jauh dari SOP yang terlah ditentukan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan, Surat Izin Mengemudi
  • NIM: 1102015059
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si dan Daryono, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 3
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL 1 (11-13-15-02-22-24).doc (99 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL 1 (11-13-15-02-22-24).pdf (194 kB)

Print Friendly, PDF & Email