eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS MUARA WIS KECAMATAN MUARA WIS KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Jumiani)

Submitted by: ,
On: Oct 4, 2018 @ 1:49 AM
IP: 110.139.145.197

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS MUARA WIS KECAMATAN MUARA WIS KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • Pengarang (nama mhs): Jumiani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Muara Wis Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan fokus penelitian yaitu : dimensi kompetensi teknis, dimensi keterjangkauan atau akses layanan kesehatan, dimensi efektivitas layanan kesehatan, dimensi efisiensi layanan kesehatan, dimensi kesinambungan layanan kesehatan, dimensi keamanan, dimensi kenyamanan, dimensi informasi, dimensi ketepatan waktu, dimensi hubungan antar manusia. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Jenis data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Sumber data yang diperoleh dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan Kualitas Pelayanan kesehatan di Puskesmas Muara Wis sudah cukup baik, berdasarkan kompetensi teknis tenaga kesehatan di Puskesmas Muara Wis sudah kompeten dibidangnya, puseksams selalu berupaya memberikan pelayanan yang efektif dan efisien, keamaan pelayanan dan obat-obatan sudah baik selain itu puskesmas juga memeberikan pelayanan yang berkesinambungan, dari segi ekonomi biaya yang ditetapkan cukup terjangkau namun dari segi geografis letak puskesmas masih belum strategis karena masih cukup jauh dari desa-desa lain. Selain itu pelayanan pelayanan yang diberikan puskesmas muara belum dapat dikatakan nyaman karena terbatasnya sarana dan prasarana yang ada serta masih terdapat petugas kesehatan yang kurang ramah terhadap pasien. Ada beberapa hal yang menjadi aktor penghambat dalam memberikan pelayanan yang berkualitas di Puskesmas Muara Wis, yaitu kurangnya sumber daya di bidang kesehatan, diantaranya ialah tenaga kesehatan yang masih kurang yaitu dokter gigi dan perawat gigi serta bidan desa untuk desa Muara Enggelam, sarana dan prasaranan yang tidak memadai seperti ruangan KIA yang terpaksa digabung dengan ruang persalinan, ruang pemeriksaan yang digabung dengan ruang tindakan, jumlah kursi ruang tunggu yang masih kurang, hanya ada 1 kursi di ruang tunggu serta fasilitas kesehatan yang minim.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas
  • NIM: 1402015069
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Endang Erawan, M. Si dan Dini Zulfiani, S. Sos., M. Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
  • Volume: 6
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal FIX (10-04-18-01-49-45).doc (103 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal FIX (10-04-18-01-49-45).pdf (168 kB)

Print Friendly, PDF & Email