eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS LEMPAKE KOTA SAMARINDA (Geftalinia Septanindy)

Submitted by: ,
On: May 26, 2017 @ 1:48 AM
IP: 125.160.42.1

  • Judul artikel eJournal: PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS LEMPAKE KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Geftalinia Septanindy
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Geftalinia Septanindy. Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Lempake Kota Samarinda dibawah bimbingan Dr. Djumadi, M,Si selaku pembimbing I dan Dr. Santi Rande, M, Si selaku pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana pelayanan kesehatan masyarakat yang ada di Puskemas Lempake serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Lempake Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian skripsi ini meliputi prosedur pelayanan di Puskesmas Lempake, petugas pelayanan di Puskesmas Lempake, serta sarana dan prasarana di Puskesmas Lempake. Serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Lempake Kota Samarinda. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data premier yang menggunakan teknik Purposif Sampling dan Accidental Sampling dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Proses Memasuki Lokasi Penelitian (Gettiing In), Ketika Berada di Lokasi Penelitian (Getting a Long), Mengumpulkan Data (Logging The Data) yaitu melalui observasi, wawancara langsung dengan informan dan penelitian arsip-arsip serta dokumen yang ada pada UPTD. Puskesmas Lempake Kota Samarinda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data desktiptif kualitatif, yang diawali dengan proses pengumpulan data (data collection), penyederhanaan data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Lempake Kota Samarinda secara keseluruhan sudah baik, meskipun masih ada saja kekurangan yang dimiliki oleh Puskesmas Lempake. Dari segi prosedur pelayanannya sudah baik, sudah sesuai dengan alur yang terdapat di Puskesmas Lempake, dari petugas medis yang terdapat di Puskesmas Lempake pun keramahan petugas dalam melayanin pasien dari pendaftaran hingga akhirnya mendapatkan obat ataupun di rujuk ke rawat inap, kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan yang baik, kesigapan petugas medis dalam melayani keluhan yang diderita oleh pasien, dan komunikasi dengan pasien dengan mengajak diskusi mengenai penyakit yang diderita dan cara pencegahannya sudah baik. Dilihat dari sarana dan prasarana penunjang yang terlihat di Puskesmas Lempake masih belum 100 % terpenuhi dan tenaga medis yang ada masih saja dibutuhkan terutama di bagian IGD di Puskesmas Lempake. Serta masih belum tercapainya beberapa program-program yang ada pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Tetapi petugas-petugas yang memiliki pendidikan sesuai dengan profesinya merupakan faktor pendukung dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Lempake.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Publik, Pelayanan Kesehatan Masyarakat
  • NIM: 1302015001
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si dan Dr. Santi Rande, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 5
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL fix (05-26-17-01-48-56).docx (39 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL fix (05-26-17-01-48-56).pdf (128 kB)