Penerapan Prinsip-prinsip Tata Pemerintahan Yang Baik Dalam Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda (SYAMSINAR)
Submitted by: ,
On: Jan 19, 2017 @ 4:24 AM
IP: 180.248.251.213
- Judul artikel eJournal: Penerapan Prinsip-prinsip Tata Pemerintahan Yang Baik Dalam Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda
- Pengarang (nama mhs): SYAMSINAR
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penerapan Prinsip-prinsip Tata Pemerintaha yang Baik dalam Pelayanan Publik di Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang, di bawah bimbingan Dr. Djumadi, M.Si dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan prinsip tata pemerintahan yang baik dalam pelayanan publik di Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang dan untuk mengidentifikasi faktor penghambat dari penerapan prinsip tata pemerintahan yang baik di Kelurahan Mesjid Kecamatan Samarinda Seberang. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yang ditetapkan adalah prinsip dari tata pemerintahan yang baik yakni akuntabilitas, transparansi, penegakan hukum, kesetaraan, daya tanggap, efektivitas dan efisiensi serta hambatan-hambatannya. Informan penelitian adalah Lurah dan staf Kelurahan yang tugasnya berkaitan dengan yang diteliti, masyarakat serta sektor swasta. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip tata pemerintahan yang baik dalam pelayanan publik di Kelurahan Baqa dilaksanakan dengan cukup baik dengan cara penyampaian informasi dan adanya keterbukaan dari pihak Kelurahan serta kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan aspirasi-aspirasi yang ditujukan untuk Kelurahan dengan respon yang baik dan tidak diskriminasi. Hambatan-hambatan pada penerapan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik di Kelurahan Baqa adalah kurangnya kepedulian masyarakat terhadap kemajuan program kerja di Kelurahan dalam hal pemberi pelayanan dan penerima pelayanan, serta kurangnya sumber daya manusia yang ada di Kelurahan Baqa menjadikan pelayanan kurang efektiv juga berdampak pada penyampaian informasi yang kurang maksimal.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Good Governance, Pelayanan Publik.
- NIM: 1002015210
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
- Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si. Dr. Fajar Apriani, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
- Volume: 4
- Nomor: 4
- Tahun: 2016
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (01-19-17-04-24-51).doc (148 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (01-19-17-04-24-51).pdf (528 kB)