PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN PELEPASAN HAK ATAS TANAH DI KANTOR KECAMATAN SAMARINDA ULU KOTA SAMARINDA (Trismara)
Submitted by: ,
On: Mar 11, 2015 @ 7:06 AM
IP: 36.82.211.34
- Judul artikel eJournal: PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN PELEPASAN HAK ATAS TANAH DI KANTOR KECAMATAN SAMARINDA ULU KOTA SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): Trismara
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Trismara,“Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Pelepasan Hak Atas Tanah di Kantor Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda Di bawah bimbingan Bapak Dr. Djumadi, M.Si, sebagai pembimbing I dan Ibu Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si sebagai pembimbing II.
Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Pelepasan Hak Atas Tanah (SKMHAT) adalah kegiatan penyelenggaraan pelayanan pertanahan yang di berikan oleh Kantor Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda khususnya dalam hal pembuatan Surat Keterangan Pelepasan Hak Atas Tanah kepada masyarakat/pemohon yang akan melakukan pengurusan pembuatan SKMHAT guna mendukung kegiatan jual beli tanahnya, dan dapat terwujudnya legalitas dari tanah tersebut di samping itu juga mendukung terwujudnya Samarinda sebagai kota metropolitan, Industri, Perdagangan dan jasa yang berwawasan lingkungan, dan memiliki keunggulan daya saing serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Pelepasan Hak Atas Tanah (SKMHAT) oleh Kantor Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda, serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda berdasarkan indikator Standar Pelayanan Publik. Indikator Standar pelayanan memiliki lima indikator yaitu Prosedur pelayanan, Waktu penyelesaian, Biaya Pelayanan, Produk Layanan dan Kompetensi pegawai. Skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan alat analisis data alir dan sumber data primer.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Pelepasan Hak Atas Tanah (SKMHAT) di Kantor Kecamatan Samarinda Ulu mulai mengalami perubahan ke arah baik atau pelayanan prima walaupun masih ada terdapat beberapa kekurangan pada kurangnya personil lapangan serta kurang transparansinya informasi tentang biaya pelayanan. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan, Pelepasan Hak Atas Tanah
- NIM: 1002015125
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
- Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si & Dr. Fajar Apriani, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
- Volume: 3
- Nomor: 1
- Tahun: 2015
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejournal Dede (03-11-15-07-06-52).docx (48 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ejournal Dede (03-11-15-07-06-52).pdf (69 kB)