eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN DAERAH DI PUSKESMAS SEMPAJA KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA (Cristhin Depoyanti)

Submitted by: ,
On: Aug 2, 2017 @ 3:41 AM
IP: 125.162.114.199

  • Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN DAERAH DI PUSKESMAS SEMPAJA KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Cristhin Depoyanti
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): “Studi Tentang Kualitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda”. Pembimbing I Dr. Anthonius Margono, M.Si dan Pembimbing II Hj. Hariati S.sos., M.Si. Tujuan dari Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan jaminan kesehatan daerah di Puskesmas Sempaja kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam melaksanakan kualitas pelayanan jaminan kesehatan daerah di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini berdasarkan dimensi kualitas pelayanan yakni yakni Keandalan (Reliability), Keresponsifan (Resvonsiveness), Keyakinan (Assurance), Penhatian (Empaty), Berwujud (Tangible). Berdasarkan jenis penelitian yang digunakan, sumber data yang digunakan bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berdasarkan riset kepustakaan dan riset lapangan. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara tenaga kesehatan yang ada sudah berkompeten dalam melayani pasien, pelayanan yang diberikan juga sudah cepat dan tanggap sehingga hal ini menimbulkan kepercayaan masyarakat yang berobat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Berdasarkan pengamatan penulis, fasilitas-fasilitas yang ada sudah cukup baik penampilan dan kerjasama petugas juga sudah cukup baik. Namun demikian terdapat hal yang menjadi penghambat terlaksananya kualitas pelayanan kesehatan yakni kondisi bangunan yang masih kurang memadai yang dapat dilihat dari ruang tunggu yang ukurannya terlalu sempit dan masih menggunakan teras sebagai ruang tunggu.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas,Pelayanan, Kesehatan, Jamkesda, Puskesmas
  • NIM: 1002015042
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Anthonius margono, M.Si dan Hj. Hariati, S. Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (08-02-17-03-41-58).doc (107 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (08-02-17-03-41-58).pdf (216 kB)

Print Friendly, PDF & Email