eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Studi Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Remaja Di Kecamatan Samarinda Utara (Anggia Rusmaeita Sari)

Submitted by: ,
On: Jan 22, 2016 @ 3:53 AM
IP: 36.84.3.226

  • Judul artikel eJournal: Studi Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Remaja Di Kecamatan Samarinda Utara
  • Pengarang (nama mhs): Anggia Rusmaeita Sari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Anggia Rusmaeita Sari, Studi Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Remaja di Kecamatan Samarinda Utara dibawah bimbingan Ibu Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si dan Ibu Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si.

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Remaja di Kecamatan Samarinda Utara. Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Remaja di Kecamatan Samarinda Utara. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif. Key informannya yaitu Kepala Puskesmas Remaja, informannya Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan informan lainnya masyarakat yang tugasnya berhubungan dengan masalah yang di teliti. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Remaja di Kecamatan Samarinda Utara yang di lihat dari kemampuan seluruh pegawai, memiliki keterampilan yang sesuai dengan bidangnya, sikap dan integritas petugas di Puskesmas sudah cukup baik. Karena hal ini selalu di pantau oleh kepala Puskesmas Remaja dan petugas Dinas Kesehatan yang datang ke Puskesmas. Perhatian pegawai sebagai pelayan publik servis sudah cukup baik dalam pelayanan kepada pasien, tetapi ada beberapa pegawai yang belum paham mengenai pelayanan yang diinginkan pasien. Tindakan yang dilaksanakan masih ada beberapa yang belum sesuai dengan prosedur pelayanan yang ada, sehingga tenaga kesehatan bekerja belum optimal, masih ada kekurangan dalam mendiagnosa penyakit serta menyampaikannya belum cukup jelas dan susah untuk dipahami oleh masyarakat/pasien. Faktor pendukung adanya program kesehatan gratis serta adanya gedung puskesmas sebagai objek tempat pelayanan kesehatan, adanya gedung sebagai objek pelaksanaan pelayanan, adanya program pengobatan gratis dan kemauan para tenaga kesehatan untuk melayani masyarakat dengan baik. Faktor penghambat yakni kurangnya pegawai, fasilitas kesehatan dan obat-obatan serta sarana transportasi mobil ambulance belum ada serta sarana yang masih kurang, gedung Puskesmas yang belum memadai dikarenakan belum adanya renovasi bangunan.

  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, Pelayanan, Kesehatan, Puskesmas Remaja
  • NIM: 0802015220
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si & Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): an_anggia_ejurnal (01-22-16-03-53-24).doc (123 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): an_anggia_ejurnal (01-22-16-03-53-24).pdf (246 kB)

Print Friendly, PDF & Email