eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sempaja Di Kota Samarinda (Isnawati)

Submitted by: ,
On: Mar 31, 2016 @ 4:27 AM
IP: 114.4.78.231

  • Judul artikel eJournal: Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sempaja Di Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Isnawati
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): snawati, Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Sempaja Di Kota Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Anthonius Margono,M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Hj. Hariati, S.sos,M.Si selaku Pembimbing II, Program Studi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kualitas Pelayanan. Kesehatan pada Puskesmas Sempaja di Kota Samarinda dan juga untuk menganalisis faktor-faktor prnghambat Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Sempaja Kota Samarinda.
    Metode yang digunakan penulis adalah metode penelitian Deskriptif, yang menjadi Fokus Utama dalam penelitian adalah kualitas pelayanan berdasarkan Dimensi-dimensi kualitas pelayanan berikut :1.Tangible (Berwujud), 2.Realibilty (Kehandalan), 3.Responsiveness (Respon/Tanggap), 4. Assurance (Jaminan), 5. Empathy (Empati). Sedangkan sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer yang Terdiri dari Key informan (Kepala Puskesmas atau Kepala Tata Usaha Puskesmas) dan Informan ( Staff Pegawai Puskesmas Sempaja dan Masyarakat yang menerima pelayanan). Dan data sekunder yang diperoleh dari media, Profil Puskesmas Sempaja dan buku-buku yang dipublikasikan, dan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Studi Kepustakaan dan Lapangan. Untuk Teknik Analisis Data yang digunakan adalah model interaktif Milik Miles dan Huberman dalam Sugiyono.
    Kesimpulan Penelitian ini, bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Sempaja Kota Samarinda dilihat dari berwujud sudah cukup lengkap dan baik namun tidak lagi memadai, dari aspek kehandalan petugas sudah mampu memberikan pelayanan yang tepat dan minim kesalahan, aspek Ketanggapan para petugas pada puskesmas sempaja sudah mampu dan baik dalam menanggapi keluhan dan aduan yang diadukan oleh masyarakat, dari Aspek Jaminan petugas telah mampu memberikan kepercayaan dan keyakinan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, dan dari aspek Empati petugas puskesmas masih memiliki empati yang kurang terhadap Pasien. Dan faktor penghambat kualitas pelayanan pada puskesmas sempaja meliputi kondisi lingungan daerah gedung pelayanan yang berada pada daerah rawan banjir serta sarana dan prasarana yang sudah kurang memadai.

  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, Kualitas pelayanan
  • NIM: 1102015088
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. A. Margono,M.Si dan Hj. Hariati, S.Sos, M,Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Isnawati (03-31-16-04-27-11).doc (111 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Isnawati (03-31-16-04-27-11).pdf (208 kB)

Print Friendly, PDF & Email