eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru (Studi Kasus di SDN 015 Kecamatan Kota Bangun) (Siti Qhoiratun Nisa)

Submitted by: ,
On: May 2, 2025 @ 6:55 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru (Studi Kasus di SDN 015 Kecamatan Kota Bangun)
  • Pengarang (nama mhs): Siti Qhoiratun Nisa
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran kepemimpinan Kepala SDN 015 Kecamatan Kota Bangun dalam meningkatkan kedisiplinan guru serta mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam upaya tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus pada tiga aspek utama, yaitu peran kepala sekolah sebagai pemimpin, motivator, dan pendidik, serta faktor-faktor yang menghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Data primer pada penelitian ini didapatkan dari proses wawancara bersama key informan yakni wakil kepala sekolah dan para informan yakni guru serta tenaga kependidikan. Data sekunder didapatkan dari studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai pemimpin antara lain adalah menjadi pemimpin yang bersikap adil, transparan serta selalu melibatkan semua rekan kerjanya dalam pengambilan keputusan tanpa membedakan satu sama lain demi tercapainya tujuan bersama. Peran kepala sekolah sebagai motivator antara lain adalah pemberi dukungan, pihak yang memastikan fasilitas yang ada di lingkungan kerja telah terpenuhi, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, aman dan nyaman. Peran kepala sekolah sebagai pendidik antara lain adalah bertanggung jawab dan mengerahkan agar para tenaga pendidiknya mampu bersikap profesional dalam menghadapi para peserta didik. Faktor penghambat yang dialami kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru di SDN 015 Kota Bangun berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal muncul akibat status gender, sehingga mempunyai rasa kurang percaya diri terhadap kemampuannya. Faktor eksternal muncul karena tidak semua rekan kerja dapat selalu diajak bekerja sama.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Guru, Kedisiplinan
  • NIM: 1702015082
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 13
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2025
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Siti Qhoiratun Nisa (05-02-25-06-55-42).pdf (126 kB)