eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Faktor Penghambat Efektivitas Penggunaan Aplikasi SP4N-LAPOR! dalam Penanganan Pengaduan Masyarakat pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda (Oktavia Tri Anggraini)

Submitted by: ,
On: Mar 6, 2024 @ 2:51 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Faktor Penghambat Efektivitas Penggunaan Aplikasi SP4N-LAPOR! dalam Penanganan Pengaduan Masyarakat pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Oktavia Tri Anggraini
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Aplikasi SP4N-LAPOR! merupakan salah satu inovasi pemerintah dalam pengelolaan pengaduan untuk memaksimalkan pelayanan publik kepada masyarakat. Aplikasi ini dicanangkan sebagai satu-satunya kanal pengaduan untuk seluruh rakyat di Indonesia termasuk didalamnya Kota Samarinda. Diketahui, Kota Samarinda telah aktif menggunakan aplikasi ini sejak tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat efektivitas penggunaan aplikasi SP4N-LAPOR! dalam penanganan pengaduan masyarakat di Kota Samarinda. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif dengan sumber data yang menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling pada Dinas Komunikasi dan Informatik dan masyarakat. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah model analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan aplikasi SP4N-LAPOR! sebagai wadah pengaduan masyarakat tidak terlepas dari faktor penghambat yang memengaruhinya terkait efektivitas penggunaan aplikasi SP4N-LAPOR! dalam penanganan pengaduan masyarakat pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda. Adapun yang menjadi faktor penghambat dari efektivitas SP4N-LAPOR! dalam penanganan pengaduan masyarakat adalah yang pertama, faktor anggaran khusus untuk sosialisasi terkait dengan adanya aplikasi tersebut. Kedua, Faktor sumber daya manusia yang kurang mumpuni pada beberapa OPD menyebabkan sulitnya berkoordinasi. Ketiga, kurangnya pemahaman dari masyarakat sebagai pengguna dari aplikasi itu sendiri.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pengaduan masyarakat, SP4N-LAPOR!, pengelolaan pengaduan
  • NIM: 1902016087
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2019
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Irawan, M.Si.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 12
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Oktavia Tri Anggraini (03-06-24-02-51-59).doc (172 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 187. Hlmn Persetujuan Jurnal Oktavia Tri Anggraini 2019_signed (03-06-24-02-51-59).pdf (595 kB)