eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PERAN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM MENERTIBKAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) DI TAMAN SIRING KANDILO KECAMATAN TANA PASER KABUPATEN PASER (Muhammad Taufik Al Hakim)

Submitted by: ,
On: Jun 23, 2020 @ 3:10 AM
IP: 125.160.64.52

  • Judul artikel eJournal: PERAN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM MENERTIBKAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) DI TAMAN SIRING KANDILO KECAMATAN TANA PASER KABUPATEN PASER
  • Pengarang (nama mhs): Muhammad Taufik Al Hakim
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran dari Satuan Polisi Pamong Praja dalam Menertibkan Pedagang Kaki Lima di Taman Siring Kandilo serta mengetahui faktor penghambat yang dihadapi Satuan Polisi Pamong Praja dalam upaya menertibkan pedagang kaki lima di taman siring kandilo Kecamatan Tana Paser Kabupaten Paser. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu melakukan pengarahan kepada pedagang kaki lima yang melanggar peraturan daerah, melakukan pembinaan dan atau sosialisasi kepada pedagang kaki lima, tindak preventif non yustisial, tindakan yustisial serta faktor penghambat Satuan Polisi Pamong Praja dalam menertibkan pedagang kaki lima. Dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan key informan adalah Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Kepala Seksi Penertiban dan Pengendalian Satuang Polisi Pamong Praja dengan informan lainnya adalah Kepala Seksi Pembinaan, Pengawasan dan Penyuluhan Satuan Polisi Pamong, Kepala Seksi Penyelidikan, Penyidikan dan Penindakan Satuan Polisi Pamong Praja, dan Pedagang Kaki Lima Taman Siring Kandilo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa peran Satuan Polisi Pamong Praja dalam Menertibkan pedagang kaki lima di Taman Siring Kandilo Kecamatan Tana Paser telah memberikan kontribusinya dalam menciptakan suatu kondisi yang kondusif, aman, nyaman, dan tertib tetapi belum dilaksanakan secara menyeluruh, Hal tersebut dapat dilihat dari Satuan Polisi Pamong Praja melalui pengarahan dengan memasang papan pengumuman tentang peraturan daerah berisi larangan berjualan, kemudian melakukan sosialisasi maupun pembinaan langsung kepada pedagang kaki lima di taman siring yang berjualan dengan tidak tertib dan menganggu ketertiban umum, dan melakukan tindakan tegas untuk kawasan taman siring khusus depan Masjid Agung Nurul Falah, dan sebagian lain masih dalam tahap pengawasan dan pengendalian, kemudian memberikan tindak preventif berupa surat teguran dan merajia barang dagangan pedagang yang meninggalkan alat-alat dagangan, menindak secara yustisial pedagang kaki lima yang sudah mendapat teguran sebanyak tiga kali dengan memberikan pembinaan dan surat pernyataan untuk tidak mengulangi kesalahan. Selain itu hambatan-hambatan yang dihadapi dalam menertibkan adalah terletak pada kurangnya personil dan kurangnya sarana dan prasarana dari Satuan Polisi Pamong Praja.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran, Satuan Polisi Pamong Praja, Pedagang Kaki Lima.
  • NIM: 1502015012
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Bambang Irawan, M.Si dan Dr. Chatas Teguh Prakoso, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
  • Volume: 8
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJOURNAL B (06-23-20-03-10-10).docx (46 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJOURNAL B (06-23-20-03-10-10).pdf (215 kB)

Print Friendly, PDF & Email