eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

TATALAKSANA PELAYANAN KESEHATAN PADA JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMA) DI RSUD.ABDUL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA (Long Anye)

Submitted by: ,
On: Feb 1, 2014 @ 4:30 AM
IP: 180.248.92.18

  • Judul artikel eJournal: TATALAKSANA PELAYANAN KESEHATAN PADA JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMA) DI RSUD.ABDUL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Long Anye
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Untuk mengetahui Tatalaksana Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Masyarakat ( Jamkesmas ) berdasarkan Implementasi Peraturan Meneteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2012 yang meliputi 4 indikator yaitu ketentuan umum, prosedur pelayanan, manfaat, fasilitas kesehatan di RSUD. Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.metode penulisan data dilakukan dengan cara library research dan field work research yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan dan key informan dan dokumen atau pemberkasan yang ada pada RSUD. Abdul Wahab Sjahranie Samarind. Sumber data yang diperoleh dengan mengunakan tehnik purposive sampling pada key informan dan accidental samp[ling pada informan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskripti kualitatif, yaitu analisis data yang mendeskripsikan serta menganalisis data yang diperoleh, kemudian dijabarkan dalam bentuk penjelasan yang sebenarnya, diawali dengan proses pengumpulan data (data collection), menyederhanakan data (data reduction) penyajian data (data Display), dan penarikan kesimpulan (conclution drawing).Kesimpulan menunjukan bahwa tatalaksana pelayanan kesehatan pada Jaminan Kesehatan Masyarakat ( Jamkesmas ) di RSUD. Abdul Wahab Sjahranie Samarinda(Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2012) belum terlaksana secara optimal berdasarka penelitian bahwa pasien merasa tidak nyaman dengan adanya pengabungan pasien yang bdalam pelaya berbeda penyakit dalam pelayanan ruangan, masih ada pasien Jamkesmas mengatakan bahwa prosedur / alur pelayanan sulit dijalankan karena berbelit-belit, dokter yang menangani pasien kadang tidak ada ditempat, untuk IGD sudah sesuai dengan Pedoman Jamkesmas, masih ada pelayanan yang dibatasi, masih ada pelayanan yang tidak dijamin pada Jamkesmas, untuk fasilitas kesehatan tingkat lanjutan sangat membantu pasien Jamkesmas.
    Kata Kunci: Kebijakan Publik, Tentang Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS)
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Publik, tantang
  • NIM: 1002015254
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: 1. Dra. Rosa Anggreiny, Msi dan Dra. Lisbet Situmorang, M. Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 2
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (02-01-14-04-30-51).doc (114 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Journal kris (02-01-14-04-30-51).pdf (114 kB)

Print Friendly, PDF & Email